Lahirkan Atlit Berprestasi, UNKAS Gelar Kejuaraan Pencak Silat

oleh

Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka Kejuaraan Pencak Silat UNKAS

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Bupati Sintang, Jarot Winarno, membuka secara resmi kegiatan kejuaraan pencak silat tingkat pelajar se-Kalimantan Barat tahun 2019 yang ditandai dengan pemukulan gong, di Gedung Olahraga Apang Semangai, Kompleks Stadion Baning Sintang, Kamis malam (4/4),

Kejuaraan pencak silat tingkat pelajar se-Kalimantan Barat ini diprakarsai oleh UKM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas (UNKAS) Sintang. 

Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyampaikan pencak silat ini juga merupakan salah satu aspek yang masuk dalam kategori olahraga, dan dianggap menjadi olahraga yang dipertandingkan serta merupakan olahraga prestasi. 

Dalam kesempatan itu juga Bupati Sintang memberikan pesan agar dalam setiap bertanding selalu menjunjung tinggi sportivitas. “Mari bertanding, junjung tinggi sportivitas, kalah menang nomor dua, yang paling penting adalah menjalin silaturahmi, menjaga satu dan persatuan, dan berkesempatan mengekspresikan kemampuan yang kita miliki,” pesan Jarot. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat tingkat Pelajar se-Kalimantan Barat, Heri Apriadi, menjelaskan tujuan daripada terselenggaranya kejuaraan pencak silat ini sebagai bentuk apresiasi dalam rangka memperingati dies natalis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas.

Selain itu, kata Heri, kejuaraan ini diselenggarakan untuk menanamkan kecintaan dan kebanggaan terhadap budaya pencak silat. Dia berharap melalui event ini, dapat melahirkan atlet berprestasi di Sintang.

Ada 7 Kabupaten/Kota yang turut mengikuti kejuaraan pencak silat ini, seperti Kabupaten Sintang, Kabupaten Sanggau, Kota Pontianak, Kabupaten Landak, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Kubu Raya dan Kota Singkawang yang dimulai pertandingan dari tanggal 5 April 2019 berakhir pada tanggal 9 April 2019.