Jaring Aspirasi, Legislator PAN Ini Gelar Reses

oleh

Anggota DPRD Melawi, Hj. Kartika Sari Astuti, gelar reses di Desa Tanjung Tengang

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sebanyak 30 anggota DPRD Melawi telah melakukan reses pertama tahun 2019, pada masing-masing daerah pemilihan (Dapil) di beberapa kecamatan di Melawi.

Reses ini telah berlangsung tanggal 11 sampai 14 Maret 2019 lalu. Reses anggota legislatif ini sesuai dengan Undang-Undang No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Hj. Kartika Sari Astuti, saat menyapa warga
Satu diantara Anggota DPRD Melawi yang melakukan reses adalah Hj. Kartika Sari Astuti, yang menggelar reses di Desa Tanjung Tengang, Kecamatan Nanga Pinoh, bertempat disalah satu rumah kediaman warga setempat.

Astuti mengatakan, reses ini digelar untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat dari daerah pemilihan masing-masing anggota dewan.

“Kehadiran saya bersilaturahmi dengan warga Desa Tanjung Tengang untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat,” ujar legislator PAN itu, ditemui usai gelar reses itu.

Antusias warga menghadiri silturahmi melalui reses
Menurut Astuti, tujuan reses adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat untuk bahan usulan yang akan dipilih pada penyusunan pembangunan pada anggaran tahun selanjutnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Sekretaris DPRD Melawi, Ramdha Suhemi, menyebutkan tujuan reses adalah para anggota dewan menghimpun masukan-masukan, saran dan pendapat dari masyarakat (konstituen).

Foto bersama usai gelar reses
Dia menjelaskan, reses ini merupakan kewajiban bagi anggota DPRD turun ke Dapil untuk bertemu konstituen, dalam rangka menjaring informasi, menghimpun aspirasi, kemudian disalurkan ke Pemkab Melawi, melalui instansi terkait.

Ditambahkan, dari hasil aspirasi yang diserap, nantinya akan direkap dan dibuat laporannya, diteruskan pada pimpinan dewan, selanjutkan diusulkan ke Pemkab Melawi.