Agustinus Buka Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Kabupaten Bengkayang

oleh

Prosesi penyambutan wakil bupati beserta rombongan dengan ritual adat istiadat setempat

MELAWINEWS.COM, BENGKAYANG – Wakil Bupati Bengkayang, Agustinus Naon, membuka penilaian lomba satuan gerak PKK KB Kesehatan (4/4) di Kantor Desa Bange, Kecamatan Sanggau Ledo.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan SDM yang sehat dan berkualitas merupakan modal utama dan investasi dalam pembangunan, kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Kesatuan Gerak PKK sendiri merupakan salah satu agenda yang telah diprogramkan oleh TP PKK sebagai wadah untuk menyikapi dan menampung berbagai perubahan serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang.

Program kegiatan ini merupakan salah satu agenda penting dalam mewujudkan aspek pemberdayaan dan kemitraan guna mendukung kinerja pemerintah.

Melalui kegiatan ini juga, Wakil Bupati mengajak agar seluruh elemen masyarakat untuk memberdayakan kesejahteraan keluarga sebagai organisasi masyarakat dan terus menerus menggerakkan kader PKK guna menumbuhkan kesadaran akan pentingnya program KB dan kesehatan bagi Ibu dan anak serta kesetaraan gender.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Bengkayang, Christina Naon, pada kesempatan tersebut menjelaskan Satuan Gerak PKK KB-Kes merupakan gerakan pembangunan kesehatan masyarakat yang didalamnya terdapat kegiatan lomba Posyandu, Lingkungan Bersih dan Sehat serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat tatanan rumah tangga yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Christina Naon memaparkan, Posyandu sebagai milik masyarakat ditentu berbagai faktor.

Salah satunya adalah keberadaan dan kader dimana dalam menjalankan tugasnya memerlukan dukungan dari berbagai pihak.

Sedangkan PHBS di rumah tangga merupakan upaya untuk memberdayakan anggota Rumah Tangga agat tahu, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di lingkungan masyarakat.

(Humas & Protokol Setdakab Bengkayang).