Nanga Kalan Ikut Deklarasi ODF

oleh
Deklarasi ODF Desa Nanga Kalan bersama Bupati Panji

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Desa Nanga Kalan Kecamatan Ella Hilir menjadi desa ke sembilan di Melawi yang mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF. Bupati Melawi pun memberikan apresiasi dan meminta masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup sehat.

“Sudah beberapa desa yang melakukan Deklarasi ODF. Sementara Melawi sampai dengan hari ini sudah sembilan desa termasuk desa Nanga Kalan,” katanya di Nanga Kalan, Selasa lalu.

Panji melanjutkan, memang tidak mudah untuk mengubah perilaku buang air besar sembarangan karena hal ini sudah kebiasaan dilakukan oleh masyarakat kita terutama bagi masyarakat penduduk desa yang bertempat tinggal dekat sungai.

“Semua aktivitasnya di sungai seperti buang air besar, buang air kecil, mandi, cuci bahkan mengambil air minum juga di sungai karena hal tersebut dampaknya sangat merugikan masyarakat terhadap kesehatan dan lingkungan serta kenyamanan atau resiko keamanan seperti serangan atau gigitan dari binatang berbisa seperti ular dan kalajengking,” katanya.

Karena itu, kata Panji, oleh pemerintah digalakkan kegiatan STBM (sanitasi total berbasis masyarakat), salah satunya Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS). Tujuannya selain mengubah perilaku masyarakat buang air besar sembarangan juga bertujuan untuk melakukan pencegahan diare, kurang gizi terutama anak-anak dalam pencegahan stunting sebagaimana telah diprogramkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

“Saya mengharapkan kepada desa-desa se Melawi, terutama desa di Ella Hilir dengan momentum ini sebagai catatan kita atau bisa menjadi motivasi atau dorongan untuk melakukan stop buang besar sembarangan,” katanya.

Kepala Desa Nanga Kalan, Herwandi mengatakan banyak pihak yang telah mendukung kegiatan Deklarasi ODF. Termasuk Bupati Melawi dan ketua PKK beserta jajarannya, serta masyarakat desa Nanga Kalan yang terjun langsung kelapangan untuk membantu masyarakat membuat WC dibantu oleh Wahana Visi.

“Setelah Deklarasi ODF ini semoga ada peningkatan pembangunan fisiknya, ada pemeliharaan dan difungsikan atau digunakan jangan dijadikan barang antik atau dipajangan,” katanya.

Sementara itu, Camat Ella Hilir, Syaripudin berharap dengan kegiatan ini kepada desa-desa se Ella Hilir yang belum melakukan ODF mudah-mudahan cepat dapat melakukannya karena manfaat kegiatan ODF ini selain peningkatan kesehatan juga untuk peningkatan perekomian dan pembangunan.