61 Potensi SAR Ikuti Pelatihan Pertolongan Dipermukaan Air

oleh

Ilustrasi pertolongan SAR

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Sebanyak 61 orang potensi SAR yang berasal dari 5 Kabupaten di Wilayah Timur Kalbar seperti Sanggau 6 orang, Sekadau 2 orang, Melawi 5 orang, Sintang 42 orang dan Kapuas Hulu 6 orang mengikuti kegiatan pelatihan potensi SAR teknik pertolongan di permukaan air.

Kegiatanyang tersebut di laksanakan oleh Basarnas Pontianak, yang di buka langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, di Hotel My Home Sintang, Senin (25/3).

Turut hadir Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) RI Marsekal Pertama TNI Faturakhman Indra Jaya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengatakan pada setiap kegiatan penanggulangan bencana, kegawatdaruratan, kegiatan pencarian dan pertolongan, tantangan pertama kali pada detik kejadian itu adalah koordinasi, sehingga hal-hal yang terjadi bisa cepat di segera tertangani.

Jarot mengharapkan sharing dan caring dari Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan untuk melatih 61 potensi SAR yang baru tersebut. “Sharing supaya mereka memiliki keterampilan, memiliki kemampuan bisa melaksanakan proses pencarian dan pertolongan dengan cepat dan prima,” ujar Jarot.

Kemudian semangat caring lanjut Jarot memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk proses pencarian dan pertolongan dengan ikhlas.

Sementara itu Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) RI Marsekal Pertama TNI Faturakhman Indra Jaya mengatakan pemberian pelatihan teknis pertolongan di permukaan air bertujuan memberikan dasar teknis menolong, sehingga nanti para Potensi SAR yang dilatih dapat memberikan pertolongan dengan benar, karena hal ini dasar dan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap potensi SAR.