Antisipasi Gangguan Listrik, Bupati Melawi Tinjau UNBK di SMK

oleh

Bupati Melawi, Panji, saat meninjau UNBK di SMKN I Nanga Pinoh

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Bupati Melawi, Panji, didampingi Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono dan Kepala Disdikbud Melawi, H. Joko Wahyono, meninjau hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK tahun 2019 di wilayah Kabupaten Melawi, Senin (25/3).

Berbagai lembaga SMK di Nanga Pinoh yang di tinjau antara lain, SMK Nusantara, SMKN I, SMK Bina Kusuma dan SMK Belian Permai. Di sela-sela peninjauan UNBK, hari pertama pelaksanaan UNBK berjalan dengan baik tidak ada masalah.

Dikatakan Bupati, untuk menyukseskan pelaksanaan UNBK ini, pihak sekolah sudah mengantisipasi berbagai kendala, seperti aliran listrik Negara, pihak sekolah juga sudah menyiapkan cadangan genset, bila tiba-tiba padam listrik.

“Tadi yang saya khawatirkan ada gangguan soal listrik. Takut sedang dalam proses ujian berlangsung tiba-tiba listrik padam. Persiapan yang lain dari pihak sekolah sebelumnya sudah melakukan pelatihan-pelatihan menghadapi UNBK, termasuk kesiapan siswa cukup baik,” ujar Bupati ditemui disela-sela peninjauan di SMKN I Nanga Pinoh.

Hari pertama ini, Bupati memastikan tidak ada gangguan, baik listrik dan koneksi jaringan server dengan pusat terhubung baik, maupun perangkat komputer yang digunakan untuk ujian dipastikan kondisinya siap.

Bupati berharap, pada pelaksanaan UNBK tahun ini semua siswa lulus dengan angka yang menunjukkan prestasi baik, sehingga bisa berkembang dan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Sementara itu, Kepala SMKN I Nanga Pinoh, Yuce Alpiokta, menyatakan hari pertama pelaksanaan UNBK tidak ada permasalahan, hingga koneksi jaringan dengan pusat terhubung baik, termasuk jumlah computer yang memadai.

Pelaksanaan UNBK hari pertama ini, kata Yuce, semua siswa yang mengikuti UNBK di SMKN I Nanga Pinoh sebanyak 197 siswa dipastikan ikut ujian di sekolah. Dikatakan, UNBK berlangsung selama empat hari yang terbagi menjadi tiga sesi setiap hari sesuai dengan kesiapan perangkat jumlah komputer.

Yuce Alpiokta, yang juga Ketua MKKS SMK Kabupaten Melawi itu menjelaskan, di lingkungan Pemkab Melawi yang mengikuti UNBK tingkat SMK sebanyak 700 siswa terdiri dari tujuh SMK negeri dan lima SMK swasta.