63 Pengawas TPS Kecamatan Ella Hilir Dilantik, Ini Pesan Ketua Panwascam

oleh
Foto bersama usai pelantikan PTPS Ella Hilir

MELAWINEWS.COM, Melawi – Sebanyak 63 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Ella Hilir dilantik langsung oleh Ketua Panwascam setempat, Senin (25/3) di Aula Kantor Camat Ella Hilir. PTPS hasil rekrutmen Panwascam nantinya akan bertugas mengawasi seluruh proses pungut hitung di TPS, termasuk proses distribusi logistik dari KPU.

Ketua Panwascam Ella Hilir, Erinto menerangkan, pelantikan PTPS merupakan tahapan yang wajib dilalui seluruh petugas PTPS. Ia menegaskan, proses pelantikan sekaligus bimbingan teknis juga bukan sekedar formalitas.

“Tapi kita bertanggung jawab pada diri kita termasuk masyarakat serta Tuhan. Harapan kami, kawan-kawan menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Teknis pengawasan TPS, lanjut Erinto akan disampaikan dalam Bimtek yang diselenggarakan usai prosesi pelantikan. Bimtek juga akan diberikan jelang hari H. Dalam pelantikan tersebut, Erinto menegaskan tugas Pengawas TPS cukup berat.

“Karena kawan-kawan akan menjadi ujung tombak kami di lapangan. Suksesnya pemilu, akan menentukan nasib negara kita kedepan. Satu gagal pengawasan TPS, itu bisa mencoreng pemilu, serta nama baik kecamatan Ella Hilir,” katanya.

Pelantikan PTPS Ella Hilir

Erinto juga memberikan apresiasi pada jajaran KPU hingga PPK serta juga para petugas pengamanan dari TNI dan Polri. Hal ini mengingat berlangsungnya tahapan pemilu bisa berjalan lancar hingga saat ini karena dukungan dari stakeholder-stakeholder ini.

“Kawan-kawan di TPS, nanti juga akan dikawal oleh aparat TNI dan Polri. Jangan berpikir kawan-kawan sendirian. Kita harus memastikan hak masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Ella Hilir, Sulaiman berharap Pengawas TPS yang telah dilantik, bisa menjalankan tugasnya dengan baik sehingga proses pengawasan pemilu serentak nantinya bisa berjalan lancar.