Labkesda Sintang Berpeluang Terakreditasi

oleh

Foto bersama usai pembukaan workshop

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Kadinkes Kabupaten Sintang , Harisinto Linuh, membuka workshop akreditasi laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Kabupaten Sintang tahun 2019. Kegiatan ini dihadiri Tim Akreditasi Labkesda Kementerian Kesehatan dan seluruh staff di Dinkes Sintang.

Kepala Dinkes Sintang, Harisinto Linuh, menyatakan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Sintang sedianya sudah terakreditasi. “Saat ini dari 20 Puskesmas sudah 19 Puskesmas yang sudah terakreditasi. Sisanya satu Puskesmas mulai proses akreditasi,” ujar Linuh.

“Nah sekarang kita beranjak ke Labkesda Sintang. Sejauh ini Laboratorium yang sudah terakreditasi baru di Pontianak. Tujuan akreditasi tersebut adalah untuk memberi jaminan kepada masyarakat,” ucapnya.

Untuk Labkesda Sintang, lanjut dia, pelayanan yang diberikan adalah layanan yang  standar bermutu dan bisa dipercaya. Dalam hal itu pihak Dinkes sudah mengundang nara sumber dari Kemenkes, Bandung dan dari Provinsi Kalbar untuk membantu Labskesda mempersiapkan akreditasi.

Dia menyebutkan, bahwa akreditasi tersebut didukung oleh Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik, untuk Labkesda Kabupaten Sintang sebagai laboratorium kedua yang  terakreditasi di Kalbar.

Menurutnya, Labkesda Sintang ini fasititas penunjangnya sudah lengkap, namun pihaknya kedepan akan menambah fasilitas penunjang alat-alat kesehatan tambahan semisal alat periksaan bakteri air, alat pemeriksaan toksin air dan alat pemeriksaan micro biolog melalui DAK maupun APBD.

Anggota DPRD Sintang, Welbertus, menyambut baik dan mengapresiasi kabar tersebut, mengingat untuk di Kabupaten Sintang memang sudah harus semua fasilitas kesehatan terakreditasi. Hal ini sebagai penunjang majunya Kabupaten Sintang dalam hal pelayanan kesehatan. (Yanti)