Bayar Tagihan PDAM Melawi Kini Lewat Online

oleh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – PDAM Melawi melaunching pembayaran rekening air secara online, Senin (18/3). Pembayaran tagihan air PAM ini bisa melalui ATM BNI, PPOB Griya Bayar, aplikasi Link Aja hingga gerai Indomaret.

Agus Darius, Direktur PDAM Tirta Melawi menerangkan penerapan pembayaran online ini awalnya akan diterapkan tahun lalu.
“Hanya perangkat IT baru siap tahun ini termasuk dengan mitra pembayaran rekening air,” katanya.

Agus mengungkapkan saat ini geografis pelanggan PDAM yang tersebar di banyak kecamatan menjadi salah satu hambatan bagi pengguna air PDAM membayar tepat waktu. Hal tersebut juga berdampak pada rendahnya efektifitas penagihan rekening pelanggan PDAM.

“Rekening aktif yang membayar baru 70 persen. Sisanya masih menunggak. Karena itu perusahaan mengoptimalisasi layanan dengan kuantitas dan kualitas yang baik,” katanya.

PDAM pun, kata Agus berupaya memperbaiki kinerja perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dengan mengoptimalisasi produksi dan pendistribusian air bersih dengan memperhatikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Layanan pengaduan pelanggan juga dipermudah melalui SMS gateway, website, medsos serta mengupgrade program billing dan keuangan.

” Pencatatan meteran, kami juga sudah menggunakan sistem. PDAM Melawi sudah menyiapkan infrastruktur sistem informasi berbasis IT,” jelasnya.

Kini dengan launching pembayaran lewat PPOB, aplikasi android link aja, Indomaret dan BNI dan PT Pos Indonesia, Agus berharap dengan banyaknya ketersediaan loket pembayaran diharapkan mempermudah pelanggan membayar rekening air tepat waktu.

“Pembayaran bisa 24 jam, baik hari kerja bahkan hari libur. Tak ada lagi alasan loket PDAM tak buka atau sedang di luar Melawi. Karena bisa dibayar secara online,” ujarnya.