SDN 1 Mentawak Desa Bora Kekurangan Ruang Belajar

oleh

Ilustrasi…

 

Oleh : Ahirul Habib Padilah, S.IP., M.I.Pol

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 21 Mentawak merupakan Sekolah Dasar yang terletak di Desa Bora – Kecamatan Sayan. SDN Mentawak ini sangat memperihatinkan keadaannya karena hanya memiliki 2 Ruang Belajar, itu pun salah satu ruangannya harus berbagi dengan Kantor Guru. Sementara itu, SDN 21 Mentawak ini terdapat 6 Rombongan Belajar (ROMBEL) dengan jumlah murid 60 orang.

Seperti apa yang diungkapkan oleh Kepala Sekolah SDN 21 Mentawak Bapak Arpendi, S.Pd bahwa SD ini merupakan satu-satunya sekolah yang belum banyak mendapatkan bantuan dari Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Melawi. Guru hanya ada 2 orang yang merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu Kepala Sekolah dan Guru Kelas, dan memiliki 3 orang Tenaga Honorer yang digaji dari komite sekolah.

Untuk gedung sekolah ini, merupakan bantuan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) Tahun 2012. Selain itu, posisi gedung ini yang berada di dataran rendah, hingga jika terjadi banjir sekolah ini terendam hingga anak didik diliburkan.

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan SDM bagi pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan menuntut adanya perhatian dan partisipasi dari semua pihak. Dengan adanya pendidikan akan dapat mencerdaskan siswa serta membentuk manusia seutuhnya yaitu manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembangunan pendidikan seharusnya diutamakan karena suatu kemajuan bangsa dapat dilihat dari kemajuan pendidikan. Oleh karena itu komponen-konmponen yang ada dalam proses pendidikan seperti siswa, guru, proses belajar-mengajar, manajemen, layanan pendidikan serta sarana penunjang lainnya harus terkoordinasi dan bekerjasama dengan baik.