Dikawal Aparat, Surat Suara Pemilu Tiba di Melawi

oleh
Ketua KPU Melawi memantau bongkar muat surat suara di Gedung Serbaguna

MELAWINEWS.COM, Melawi – Surat suara Pemilu 2019 tiba di Kabupaten Melawi, Rabu (13/3) pagi. Dikawal langsung aparat kepolisian dari Polda Kalbar, empat mobil box pengangkut surat suara, langsung menuju Gedung Serbaguna yang akan menjadi pusat penyimpanan seluruh logistik Pemilu.

Ketua KPU Melawi, Dedi Suparjo ditemui di Gedung Serbaguna mengungkapkan distribusi surat suara dari percetakan di Pulau Jawa hingga kemudian singgah di Pelabuhan Pontianak dan dikirim menggunakan angkutan darat berjalan lancar.

“Tiba sekitar pukul 09.00 WIB, kedatangan logistik surat suara tadi juga dikawal oleh Bawaslu serta aparat kepolisian.,” ujarnya.

Dikatakan Dedi, surat suara melengkapi sejumlah logistik pemilu 2019 yang telah tiba duluan, seperti bilik dan kotak suara, sampul formulir, tinta, paku, serta bantal. Semua logistik ini disimpan di Gedung Serbaguna.

“Gedung Serbaguna ini merupakan pinjam pakai dari Pemkab Melawi. Ya kita berterima kasih karena Pemkab juga ikut membantu KPU dengan meminjamkan fasilitas ini hingga proses distribusi logistik, nanti berangkat dari sini. Bahkan rencana kita pleno rekapitulasi juga akan digelar di gedung ini,” katanya.

Dalam jadwal KPU Melawi, Dedi mengungkapkan pelipatan surat suara direncanakan langsung dimulai pada Kamis (14/3). KPU menargetkan proses pelipatan bisa berlangsung secepatnya.

“Dalam pelipatan juga dilakukan sortir dan kemudian surat-suara yang telah dilipat diikat dengan karet gelang. Saat itu juga dilakukan perhitungan jumlah surat suara yang datang dan berapa lembar yang rusak,” katanya.

Surat suara sendiri bukan logistik terakhir yang dikirim oleh KPU RI. Dedi memaparkan, masih ada formulir C1 dan turunannya serta lembar plano yang masih menunggu dari pusat. Selain itu pula, KPU Melawi masih kekurangan bilik dan kotak suara untuk tujuh TPS.

“Kita menunggu dari KPU RI untuk pengiriman logistik terakhir. Untuk kekurangan bilik dan kotak, sudah kita laporkan ke pusat,” jelasnya.

Sejumlah aparat kepolisian pun ikut berjaga di Gedung Serbaguna dari berbagai satuan. Kabag Ops Polres Melawi, AKP Sofyan mengungkapkan dengan bergesernya seluruh logistik Pemilu di Gedung Serbaguna, maka jajarannya juga sudah menugaskan sejumlah personel untuk berjaga di gedung yang baru diresmikan penggunannya ini.

“Penjagaan dilakukan sepanjang 24 jam. Kami menyiapkan pengamanan hingga proses distribusi ke PPK beberapa hari jelang masa pemungutan suara,” terangnya.