Sukseskan Pemilu 2019, Ketua FKMB Melawi Ajak Masyarakat Batak Ciptakan Pemilu Damai

oleh

Ketua FKMB Melawi, J. H. Nainggolan

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Batak (FKMB) Kabupaten Melawi, Kalbar, J. H. Nainggolan, mengajak khususnya masyarakat Suku Batak di Kabupaten Melawi untuk melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang aman, damai, bersahabat, dan sukses. 

Nainggolan mengungkapkan, pihaknya mendukung Pemerintah dalam menciptakan Pemilu damai dan aman di Kabupaten Melawi. Ditegaskan, siapapun nanti yang terpilih menjadi Presiden maupun anggota legislatif itu merupakan sebuah hasil yang terbaik.

“Oleh karena itu saya mengajak masyarakat Suku Batak khususnya dan masyarakat Melawi pada umumnya untuk tetap mendukung pemerintah dalam menciptakan pemilu 2019 yang damai,” kata Nainggolan, didampingi Sekretaris FKMB Melawi, B. Sirait, Selasa (12/3).

Lebih lanjut dikatakan Nainggolan, bahwa Pemilu 2019 sebagai puncak pesta demokrasi lima tahunan, masyarakat dihadapkan pada Pilpres dan Pileg. Biasanya kata Nainggolan, kondisi Pilpres maupun Pileg dipandang sebagai situasi yang amat sensitif di masyarakat, kaitannya soal beda pilihan.

Dia pun menghimbau terkhusus kepada masyarakat Suku Batak dan masyarakat Melawi pada umumnya, agar masyarakat tetap menjaga suasana tentram dan damai selama proses rangkaian tahapan Pemilu berjalan. “Kita masyarakat untuk bisa menjadi pemilih yang cerdas,” ujarnya.

Dikatakan, perbedaan pilihan tidak harus menjadi penyebab perpecahan antar masyarakat Suku Batak. Dia juga mengingatkan masyarakat Suku Batak agar perbedaan pilihan tidak mempengaruhi keutuhan organisasi hingga menimbulkan persoalan-persoalan internal.

Selain itu, lanjut Nainggolan, pihaknya akan mendukung pemerintah dan penyelenggara Pemilu guna mewujudkan Pemilu tahun 2019 yang langsung, umum, bebas, jujur, dan adil sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Diakui Nainggolan, pihaknya juga secara terus menerus mensosialisasikan ajakan kepada masyarakat Suku Batak di Melawi untuk menciptakan Pemilu 2019 damai, aman dan sejuk, baik itu melalui warung kopi, tempat ibadah, arisan marga maupun melalui ibadah kebaktian dirumah.

Dalam kesempatan itu, Nainggolan juga mengingatkan semua pihak untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan berita hoax atau ujaran kebencian. “Kita semua jangan mau terprovokasi dengan berita hoax dan ujaran kebencian,” pesannya.

Sekretaris FKMB Kabupaten Melawi, B. Sirait, menambahkan bahwa berita hoax dan ujaran kebencian itu sifatnya hanya untuk memecah belah persatuan bangsa. “Ingat bahwa kita ini satu bangsa, satu tanah air dan satu tujuan membangun Kabupaten Melawi,” tuturnya.

Maka dari itu sebut Sirait, hal-hal yang menggangu ketertiban dan kedamaian Pemilu di Kabupaten Melawi, akan berpotensi mengganggu pembangunan Melawi yang saat ini sedang dan akan berjalan.