Jembatan Gantung di Menukung Ambruk Tersapu Bencana Banjir

oleh

Jembatang gantung Desa Batu Onap ambruk dihantam banjir

MELAWINEWS.COM, MENUKUNG – Intensitas hujan yang tinggi melanda wilayah Kabupaten Melawi beberapa hari terakhir, tidak hanya menimbulkan bencana banjir dan longsor di beberapa wilayah.

Kali ini, jembatan gantung penghubung di Desa Batu Onap, Kecamatan Menukung, putus hingga ambruk diterjang banjir akibat derasnya debit Sungai Mentatai yang meluap hingga merusak fasilitas penyeberangan masyarakat di wilayah itu.
 
Putusnya jembatan gantung tersebut berdampak pada akses menyeberang masyarakat di wilayah itu khususnya yang bermukim di seberang sungai menjadi terganggu.

Alexius, mantan anggota DPRD Melawi Dapil Ella-Menukung mengatakan, ambruknya jembatan tersebut karena derasnya debit air yang meluap hingga ke permukaan mengerus tanah tepian sungai letak pondasi jembatan pada tanggal 6 Maret lalu sekitar pukul 06.30 WIB.

Alexius berharap kepada pemerintah setempat, jembatan gantung yang putus di Desa Batu Onap itu segera diperbaiki dan dibangun sesuai spesifikasi batas air untuk mempermudah mobilitas warga.

“Akibatnya, warga bingung untuk berpergian dari desa atau ke kebun lantaran tak ada akses jalan lain. Saat ini untuk bepergian menyeberangi sungai menggunakan rakit seadanya,” ujar Alexius kepada MelawiNews.Com, Sabtu (9/3) di Nanga Pinoh.