Silih Berganti, Sejumlah Daerah di Melawi Disapu Bencana Longsor

oleh

Salah satu titik yang alami longsor di desa Penyuguk

MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR- Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur merata di wilayah Kabupaten Melawi beberapa hari terakhir, mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Melawi diterjang bencana tanah longsor dan banjir.

Tak henti dirundung bencana alam ini. Itulah yang dialami daerah Kabupaten Melawi. Silih berganti daerah dengan julukan daerah “uranium” ini disapu oleh bencana banjir dan longsor akibat guyuran hujan.

Akibat hujan lebat yang mengguyur sebagian daerah Kabupaten Melawi beberapa hari yang lalu, bencana tanah longsor terjadi di wilayah Kecamatan Sayan, Desa Pemuar Kecamatan Belimbing wilayah Bukit Matok dan Desa Keninjal.

Kali ini, bencana longsor juga terjadi di desa wilayah Kecamatan Ella Hilir tepatnya di Dusun Baras RT 06, Desa Penyuguk, akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

Tuty Marfy, warga Desa Penyuguk mengatakan wilayah Desa Penyuguk memang diguyur hujan deras siang malam beberapa terakhir yang mengakibatkan aliran Sungai Ella Hilir meluap.

“Luapan air Sungai Ella Hilir yang cukup deras ini menyebabkan satu titik jalan tepi sungai sebagai jalan umum terdampak longsor, namun tak menimbulkan korban jiwa,” kata Tuty kepada MelawiNews.Com, Selasa (5/3) di Nanga Pinoh.

Tuty mengungkapkan, panjang tepian jalan yang mulai tergerus mencapai belasan meter dan hampir putus. Sehingga masyarakat khawatir akan terjadi banjir susulan jika hujan deras turun dan memperpanjang jalan umum tergerus.

“Kita berharap ada penanganan secepatnya dari Pemerintah Desa maupun Pemkab Melawi untuk memperbaiki jalan yang longsor ini. Karena kalau dibiarkan tidak menutup kemungkinan apabila banjir lagi, maka tanah akan semakin tergerus memutuskan akses jalan,” jelasnya.