Tingkatkan Pelayanan, RSUD Melawi Kini Miliki Dokter Spesialis Radiologi

oleh

Direktur RSUD dan jajaran berfoto dalam satu ruangan unit Radiologi.

MELAWINEWS.COM, Melawi – RSUD Melawi kini sudah memiliki gedung radiologi yang didukung dengan sejumlah peralatan mumpuni. Layanan radiologi ini juga diperkuat dengan ketersediaan tenaga dokter spesialis radiologi yang akan bertugas di RSUD Melawi.

Direktur RSUD Melawi, dr Sien Setiawan menerangkan unit radiologi RSUD telah dilengkapi dua unit mesin X- Ray ( Station dan Mobile ) serta mesin USG terbaru General Electric P-7 . Dengan hadirnya dokter spesialis Radiologi serta alat – alat baru, kata Sien, maka banyak pemeriksaan radiologi yang bisa dilakukan di RSUD Melawi.
“Pemeriksaan yang bisa dilayani di Gedung Radiologi RSUD MELAWI yakni USG ( UltraSono Graphy) basic echo seperti pada kasus Efusi Pericardium (Cairan di selaput jantung). Stenosis mitral, regurgitasi, kelainan kongenital ASD/VSD ( berbagai kelainan katup jantung ), hingga menghitung fungsi jantung (Ejection Fraction),” paparnya.

Sien melanjutkan, unit Radiologi RSUD Melawi juga bisa digunakan untuk USG sendi dan USG Musculoskeletal (otot ), USG Thyroid, USG Mammae (Payudara). Mesin USG di RSUD juga memiliki software untuk memprediksi malignansi (Keganasan) suatu tumor di permukaan tubuh menggunakan Elastography.

“Selain USG , dengan adanya dokter spesialis radiologi ,sekarang Unit Radiologi RSUD Melawi bisa melakukan pemeriksaan radiologi dengan zat Kontras seperti HSG (Hysterosalpingografi) yang bisa mengetahui apakah ada sumbatan/kelainan di saluran reproduksi wanita,” katanya.

Begitu pula dengan kasus Colon Inloop (kelainan di usus besar), BNO – IVP (kelainan ginjal- saluran kemih) , Esofagografi, Gastroduodenografi ,Cystografi ,Fistulografi serta sejumlah pemeriksaan lainnya dapat ditangani oleh unit radiologi ini. Sien menerangkan layanan untuk gedung radiologi ini dibuka setiap hari kerja di RSUD Melawi.

“Peralatan radiologi ini sendiri baru tiba pada Oktober tahun lalu. Sedangkan untuk dokter spesialisnya baru datang pada 12 Februari lalu,” terangnya.

Sedangkan dokter spesialis radiologi yang akan bertugas pada unit ini adalah dr John Kurniawan. Sien menerangkan sebelum menempuh pendiidkan spesialis melalui jalur beasiswa Kemenkes di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, yang bersangkutan pernah menjabat sebagai Kepala Puskesmas Nanga Sokan dan Belimbing.

“Sekarang mulai bertugas kembali di RSUD Melawi untuk menjalankan ikatan dinas,” pungkasnya.