KPUD Sintang Apresiasi Kinerja “Relasi” Melebihi Target

oleh
KPUD Sintang saat gelar evaluasi pelaksanaan kegiatan Relasi yang sudah menjalani masa kerja selama satu bulan

MELAWINEWS.COM, SINTANG – Komisi Pemilhan Umum Daerah (KPUD) Sintang, gelar evaluasi pelaksanaan kegiatan Relawan Demokrasi (Relasi) yang sudah menjalani masa kerja selama satu bulan, Selasa (26/2) di Kantor KPUD Sintang.

Divisi Sosdikli Parmas dan SDM KPU Sintang, Karsinah mengatakan, bahwa dengan evaluasi ini, pihaknya inigin memastikan bagaiaman proses Relasi melakukan sosialisasi selama di lapangan. “Jadi sudah genap satu bulan mereka menjalankan tugas. Kita ingin tahu bagaiaman prosesnya,” ujar Karsinah.

Dari hasil evaluasi itu, Karsinah mengatakan sudah bagus kinerjanya, bahkan sudah ada yang melebihi target. Dan dari beberapa Relasi di kecamatan, mereka sudah ada yang turun ke desa-desa. “Jadi mereka tidak sosialisiasi hanya di kecamatannya saja. Tapi sudah dari satu desa ke desa lain,” terangnya.

Memang diakuinya, ada kendala-kendala kecil yang dihadapi para Relasi ini saat di lapangan. Namun semuanya itu dapat diselesaikan dengan baik. “Pada pertemuan ini, kita juga sharing, terkait kendalanya apa-apa saja yang dihadapi. Karena mereka inikan dari kecamatan yang berbeda-beda. Tentu masalahnya tidak ada yang sama juga,” jelasnya.

Karsinah juga mengatakan, setelah kegiatan tersebut, para Relasi ke depan akan ada penugasan baru. Dimana tugas tersebut yakni sosialisasi yang dilakukan lebih masif dan lebih fleksibel daripada sebelumnya.

“Artinya mereka dituntut lebih banyak melakukan sosialisasi. Tidak harus dalam forum-forum formal atau informal. Mereka bisa sosialisasi ketika warga ngobrol, atau di warung ngopi,” terangnya.

Jadi sosialisasi yang dilakukan itu, terang Karsinah tak mesti menunggu ada acara, seperti pengajian, rapat RT dan lain sebagainya. Pada kegiatan itu, pihaknya juga menyampaikan tahapan Pemilu yang sedang berlangsung.

“Nanti tahapan itu disosialisasikan oleh Relasi. Seperti data Pemilu, ada tahapan DPTB dan DPK. Di teknis juga sudah bisa disosialisasikan, seperti warna surat suara, jumlah surat suara dan lainnya,” pungkasnya. (Yanti)