FGD Pemilu Damai, Jajang Ingatkan Waspada Hoax

oleh

 

FGD Pemilu Aman, Sejuk dan damai

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polres Melawi menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bersama kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda tiga kecamatan di Cafe Putri Tanjung, Selasa (26/2). FGD ini sendiri membahas Pemilu 2019 yang aman, sejuk dan damai di kabupaten Melawi.

Wakapolres Melawi, Kompol Jajang dalam FGD tersebut mengatakan, Pemilu 2019 diharapkan bisa berlangsung damai dan aman hingga selesai seluruh tahapannya. Karenanya ia mengajak seluruh kades, tokoh masyarakat, toga dan tokoh pemuda bisa ikut menyampaikan pesan damai pada warga, umat maupun kelompoknya masing masing.

“Kita menghendaki agar Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan sejuk. Makanya untuk kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang diundang menjadi kepanjangan tangan dari kepolisian untuk menyampaikan pesan damai ini,” ujarnya.
Jajang dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan bahaya berita Hoax yang muncul. Pemilu damai pun terganggu dengan begitu banyaknya muncul berita hoax.

“Apalagi, Hoax ini kerap kali memunculkan ujaran kebencian terhadap salah satu pasangan calon,” katanya.

Jajang berpesan, agar masyarakat bila menerima informasi baik terkait pemilu maupun kamtibmas, harus terlebih dahulu dicek kebenarannya. Jangan langsung diterima mentah-mentah.

“Nanti bisa pecah dalam keluarga, hanya karena berbeda pilihan. Dengan adanya isu yang menjelekkan satu sama lain. Kalau diselesaikan dengan damai, mungkin tak ada masalah. Tapi bagaimana kalau justru muncul kekerasan, siapa yang akan bertanggung jawab,” katanya.

Dalam FGD ini turut hadir Komisioner KPU dan Bawaslu Melawi. Komisioner KPU, Abol Kasim meminta agar seluruh peserta FGD yang hadir bisa ikut membantu agar warganya menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April nanti.

“Pemilu ini melibatkan seluruh masyarakat, makanya mari kita memastikan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya. Jangan ada intimidasi. Mari berikan pengayoman yang benar bahwa pemilu untuk menjadi sebuah ajang evaluasi.