Sambangi Sekolah, Relawan Demokrasi Melawi Minta Pemilih Pemula Tak Golput

oleh


MELAWINEWS.COM, MELAWI – UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu memberikan jaminan bagi pemilih pemula yang pada 17 April 2019 genap berusia 17 tahun guna menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019. 

Secara kuantitatif, jumlah pemilih pemula cukup besar dan berkontribusi signifikan bagi kemenangan Pasangan Calon Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD atau Pemilu Legislatif (Pileg). 

Karena itu, Relawan Demokrasi (Relasi) Melawi gencar melakukan sosialisasi Pemilu Serentak 2019, terkhusus pada Kalangan Pemilih Pemula. Utamanya oleh Basis Pemilih Pemula yang digawangi Setia Jayanti dan Rahmawati bersama relawan lainnya. Mereka mendatangi sejumlah SMA sederajat mengingat banyak pemilih pemula duduk di bangku SMA.

“Ribuan pemilih pemula terdaftar dalam DPT di Kabupaten Melawi. Kita meminta agar adik-adik ini juga ikut berpartisipasi untuk ikut menentukan arah bangsa dengan menggunakan hak suaranya,” kata Relawan Basis Pemilih Pemula.

Salah satu sekolah yang didatangi adalah SMA Negeri 1 Belimbing, pekan lalu. Disana Relasi Melawi memberikan pemahaman terkait pelaksanaan Pemilu Serentak 2019, perbedaannya dengan pemilu sebelumnya serta cara menggunakan hak pilih pada 17 April mendatang.

“Kami juga mendorong agar para pelajar ini tidak golput. Datang ke TPS pada Rabu, 17 April mendatang. Serta pro aktif untuk mengecek apakah dia sudah masuk dalam daftar pemilih,” ujarnya.