Warga Paal Gotong Royong Bangun Surau Al Fajr

oleh

Masyarakat Desa Paal Bangun Surau Al Fajr

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Untuk memudahkan kaum muslimin yang berada di daerah Sungai Limau dan sekitarnya yang berada di Dusun Belian Permai, Desa Paal Nanga Pinoh untuk beribadah menjalankan shalat 5 waktu, warga membangun surau bernama Al fajr secara bergotong royong.

Surau berukuran 8×8 tersebut dibangun dengan rangka baja yang mana pendanaannya juga dari warga setempat dan para donatur.

“Alhamdulillah, peletakan batu pertama pembangunan Surau Al Fajr ini sudah dimula hari ini, Minggu (17/2). Yang mana kita juga mengucapkan terima kasih, pembangunan tersebut diawali kerjasama atau secara bergotong royong antara warga Dusun Belian Permai dengan warga Kuala Belian khususnya jamaah dan pengurus Masjid As Shobirin. Gotong royong ini akan kami lakukan setiap Minggu,” kata Ketua Panitia pembangunan Madel Mandela, disela-sela kegiatan pembangunan.

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun belum diketahui kapan pembangunan tersebut akan selesai, namun phaknya menargetkan paling tidak pada saat menjelang Bulan Suci Ramdhan sudah bisa digunakan,walaupun belum sempurna.

“Ini upaya agar memudahkan warga khususnya yang berada di daerah Sungai dan sekitarnya untuk beribadah. Baik menjalankan shalat 5 waktu maupun melaksanakan shalat tarawih. Karena selama ini warga Sungai Limau cukup jauh jika ingin beribadah ke Surau Ataupun Masjid,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan permohonan agar masyarakat dapat mendoakan serta mendukung kegiatan pembangunan mushola tersebut. sehingga proses pembangunan tersebut bisa berjalan lancar tanpa hambatan dan kendala.

“Untuk pembangunan tersebut, kami masih sangat membutuhkan bantuan. Jika ada para dermawan yang ingin membantu, bisa menghubungi Fahrudin dengan nomor handpone 085849167633 atau menghubungi Ahmadin dengan nomor handpone 082153893071,” ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya, terhadap pembangunan masjid dan mushola, Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya mengatakan, sangat mendukung adanya pembangunan Surau. Dengan begitu masyarakat yang ingin beribadah akan lebih mudah.

“Namun, kita berharap tidak hanya sekedar membangun. Tapi terus menghidupkan Surau itu nantinya dengan shalat 5 waktu serta kegiatan ibadah lainnya,” ucapnya.

Terhadap pembangunan Surau, Dadi yang merupakan ketua Dewan masjid indonesia (DMI) Melawi mengatakan, bahwa sangatlah besar jika mengeluarkanberkorban, baik wartu harta serta yang lainnya untuk membangun Masjid, Surau ataupun mushola.

“Semoga dengan adanya Surau ini bisa meningkatkan spritual masyarakat. Membangun Surau atau Masjid sangatlah besar pahalanya. Amal orang yang membangun masjid akan menjadi amal jariah. Membangun masjid bagaikan berinvestasi untuk membangun Istana di surga. Seperti apa yang tertera pada Hadist Riwayat Ibnu Majah nomor 738. Siapa yang membangun Surau atau Masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga,” ungkapnya mengutif Hadist Rowayat Ibnu Majah ayat 738.

Pada kesempatan itu pula. Dadi juga meminta kepada pihak pembangunan Masjid agar dapat berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk pihak Kementerian Agama. Terutama terkait arah kiblat yang tepat.

“Mari kita makmurkan rumah ibadah,” pungkasnya.