Pecah! Warga Histeris Saksikan Pawai Tatung di Melawi

oleh

LINK

Atraksi Tatung Meriahkan Cap Go Meh 2570
MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Sejumlah Tatung melakukan atraksi saat mengikuti Pawai Perayaan Cap Go Meh 2570 tahun 2019 di Melawi, Selasa (19/2) pagi. 

Tatung adalah orang yang dirasuki roh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural, dimana seorang tatung yang sedang kemasukan roh akan melakukan atraksi seperti berdiri diatas tombak dan atraksi ekstrem lainnya.

Pantauan media ini, ribuan warga tumpah ruah dan histeris dipinggiran jalan saat menyaksikan atraksi tatung mengelilingi pusat Kota Nanga Pinoh itu.

Sebelum diarak, peserta tatung melaksanakan ritual ibadah di Klenteng Fuk Tet Chie Nanga Pinoh.

Selanjutnya arak-arakan tatung disertai atraksi debus berlangsung dengan diiringi atraksi Barongsai, Naga, Kuda Lumping, Barong dan Sanggar etnis Dayak dari Desa Labang hingga memacetkan jalan utama Kota Nanga Pinoh oleh derap langkah ratusan pasang kaki.

“Acara ritual tatung ini bermakna membersihkan dewa, kita memohon kelancaran di tahun ini agar semua harapan tercapai,” kata Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Melawi, Taufik, disela-sela kegiatan itu.

Taufik menuturkan, ritual tatung digelar setiap tahunnya pada perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi.

Dalam ritual tatung ini lanjut Taufik, dewa ikut turun ke bumi mengunjungi umat manusia. Berkeliling atau arak-arakan kata Taufik maknanya untuk membersihkan bumi.

Disamping itu lanjutnya, diharapkan pada momentum Imlek 2570 tahun ini, Melawi khususnya bisa terhindar dari bencana dan malapetaka.

“Harapan kita di tahun ini bencana tidak terjadi, semua berjalan lancar, ekonomi daerah bisa membaik dan pembangunan semakin maju,” harap Taufik.

Taufik menambahkan, sebanyak 8 tatung diantaranya dari Kabupaten Sintang dan dari Melawi meramaikan pawai atraksi tatung tersebut.

“Tatung adalah media utama Cap Go Meh. Atraksi tatung dipenuhi dengan mistik dan menegangkan, karena banyak orang kesurupan dan orang-orang inilah yang disebut tatung,” jelas Ketua Fraksi DPRD Melawi itu.

Lihat videonya di link https://youtu.be/5nMQIsjRmlgLink youtube