Distankan Ikut Panen Perdana Di Dusun Mulung, Per Hektar Tembus 3,5 Ton Gabah

oleh

Panen perdana Cetak Sawah baru Poktan Samurai Biru di Dusun Mulung
MELAWINEWS.COM, Melawi – Kelompok Tani Samurai Biru, Dusun Mulung Desa Semadin Lengkong Kecamatan Nanga Pinoh menggelar panen perdana di atas lahan cetak sawah yang baru dibuka pada tahun lalu. Satu hektar sawah mampu menghasilkan hingga 3,5 ton gabah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Melawi, Drs Oslan Junaidi pun ikut hadir dalam panen perdana yang digelar pada Minggu (17/2) siang. Walau harus menempuh perjalanan cukup jauh dengan berjalan kaki, ia bisa merasakan kepuasan luar biasa melihat kesuksesan yang diraih warga Mulung, khususnya yang tergabung dalam kelompok tani Samurai Biru.

“Poktan Samurai Biru menjadi pengelola cetak sawah seluas 10 hektar di Dusun Mulung, Desa Semadin Lengkong. Ini merupakan panen perdana dari kelompok tani ini,” katanya.

Oslan melanjutkan, program cetak sawah merupakan program dari Kementerian Pertanian bekerja sama dengan TNI. Sedangkan sawah yang menggelar panen perdana ini merupakan hasil cetak sawah pada 2018 lalu.

“Satu hektar mampu meraih hasil panen hingga 3,5 ton per hektar. Ini adalah hasil luar biasa untuk sawah yang pertama kali panen,” katanya.

Oslan mengatakan program cetak sawah menjadi salah satu andalan program pemerintah untuk memperluas areal tanam padi serta juga menjadi solusi bagi masyarakat yang masih menerapkan ladang berpindah. Hasil yang diperoleh juga jauh lebih baik, bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari pertanian lahan kering.

“Untuk satu kelompok terdiri dari 30 anggota. Kita juga mendorong agar Poktan Samurai Baru mampu panen padi hingga dua kali setahun,” pungkasnya.