Polsek Kota Baru Awasi Penyaluran PKH

oleh

Penyaluran PKH di Kecamatan Tanah Pinoh

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polsek Kota Baru melaksanakan pengawasan penyaluran dana Program Keluarga Harapan (PKH) kabupaten Melawi yang disalurkan melalui Bank Mandiri cabang Nanga Pinoh. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Tanah Pinoh jalan M. Yamin Dusun Hilir Kota desa Suka Maju. 

Kapolsek Kota Baru Ipda Siswiyono menyampaikan dalam penyaluran dana bansos Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) ada empat Desa yang menerima bantuan yaitu Desa Keranjik, Desa Bata, Pelita Kenaya dan Desa Loka Jaya dengan jumlah penerima Program PKH dari  Desa Keranjik sebanyak 33 orang, Desa Bata sebanyak 84 orang, Desa Pelita Kenaya sebanyak 75 orang dan Desa Loka Jaya sebanyak 152 orang, adapun total keseluruhan yang menerima PKH pada Rabu (14/2) sebanyak 344 orang.

Sehari sebelumnya juga dilakukan  penyerahan PKH untuk warga Desa Madong Raya berjumlah 72 KK, Desa Bina Jaya berjumlah 111 KK, Desa Tanjung Beringin Raya berjumlah 66 KK dan Desa Suka Maju berjumlah 170 KK.

Selain melakukan pengamanan Anggota Polsek kotabaru juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang menerima bantuan sosial tersebut agar dipergunakan dengan baik dan bijak. 

Untuk penerima bansos agar jangan mengandalkan pemberian bantuan pemerintah saja, namun juga harus lebih kreatif untuk membangun ekonominya sendiri dengan mengelola dana bantuan tersebut untuk membuka ekonomi mikro.

Ipda Siswiyono mengatakan Pihaknya akan terus bekerja bersama dengan Dinas Sosial Kabupaten Melawi untuk memantau dan mengawasi kemana saja anggaran bansos ini disalurkan, bagaimana pelaksanaan distribusinya, melakukan evaluasi, pengawasan dan supervisi kesasaran tertentu apakah penyaluran bansos sudah tepat sasaran, ungkapnya.

“Kami tidak ingin niat baik pemerintah dengan peningkatan anggaran bantuan sosial (Bansos) ini justru menimbulkan persoalan. Misalnya tidak tepat sasaran atau ada potensi penyimpangan yang nanti akan menjadi masalah keamanan dan hukum,” tegasnya.

“Dalam Setiap penyaluran kami siap membantu dalam hal pengawasan dan penyaluran dana bansos tersebut, agar dapat memastikan tepat sasaran kepada penerima yang paling membutuhkan, Sehingga bantuan sosial ini sampai tepat sasaran” pungkasnya.