Cegah Penyimpangan, Polisi Awasi Penyaluran Dana Bansos

oleh


MELAWINEWS.COM, MELAWI – Polres Melawi akan ikut serta mengawasi penyalurana dana bantuan sosial baik yang bersumber dari APBN maupun APBD. Pengawasan melalui Satuan Tugas Daerah Pengamanan dan Penegakan Hukum (Satgasda Pam dan Gakkum) ini diharapkan meminimalisir penyimpangan dan penyalahgunaan dana hibah maupun bansos yang dikelola Pemda.

Kabag Ops Polres Melawi, AKP Sofyan saat melakukan koordinasi pengawasan penyaluran banso di Dinas Sosial, Rabu (13/2) mengungkapkan Satgasda Pam dan Gakkum yang sudah dibentuk bisa mengurangi terjadinya penyimpangan dalam penyaluran bansos.

“Dengan adanya kerjasama Kementrian Sosial dengan pihak kepolisian dalam mengawal penyaluran dana, agar dapat memastikan tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, melalui pengawalan kepolisian kepada penerima yang paling membutuhkan,” ujarnya.

Sofyan menjelaskan, Rapat koordinasi yang digelar bersama Dinsos bertujuan untuk mensosialisasikan keberadaan Satgas Bansos yang dibentuk oleh Polres Melawi, agar seluruh stake holder mengetahui pelaksanaan hibah dan bansos saat ini dikawal dan diamankan oleh seluruh Aparatur Kepolisian di setiap tingkatan.

“Kepada pihak-pihak yang masih mau bermain-main dengan hibah bansos apabila masih membandel akan berurusan dengan kepolisian,” tegasnya.

Sofyan juga menyampaikan, pelaksanan kegiatan tersebut merupakan turunan dari Nota Kesepahaman (Mou) antara Menteri Sosial RI dengan Kapolri yang ditandatangani pada tanggal 11 Januari 2019. Kesepakatan ini yang di tindak lanjut oleh Polres Melawi dan Jajarannya. Ia juga menambahkan, selain melakukan pengawalan, petugas juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Penerima Bansos agar jangan mengandalkan pemberian bantuan pemerintah saja, namun juga harus lebih kreatif untuk membangun ekonominya sendiri,” pesannya.