“Perang” Ribuan Lampion Akan Meriahkan Cap Go Meh di Melawi

oleh

Ilustrasi Lampion
MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH – Perayaan malam Cap Go Meh atau malam penutupan tahun baru Imlek 2570 tahun 2019 di Kabupaten Melawi, Kalbar, akan dimeriahkan dengan Pawai Lampion yang dipusatkan dihalaman Basket Perbasi Nanga Pinoh pada Selasa (18/2) malam.

Ketua Majelis Adat Budaya Tionghua (MABT) Kabupaten Melawi, Taufik mengungkapkan, ribuan lampu lampion dari berbagai komunitas dan kelompok masyarakat akan mengikuti pawai lampion mengelilingi Kota Nanga Pinoh sebagai pusat perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Kabupaten Melawi.

Menurut Taufik, peserta pawai akan berlomba menghiasi kendaraan dengan menampilkan lampion-lampion khas berbagai bentuk untuk menarik perhatian masyarakat.

Selain itu lanjut Taufik, digelaran pawai lampion tersebut, juga didukung atraksi barongsai, naga, hiburan rakyat dan sejumlah acara pendukung lainnya.

Taufik menjelaskan, pawai lampion ini merupakan hiburan masyarakat dalam menyambut perayaan Cap Go Meh.

“Keberadaan lampion tidak dapat dipisahkan dari tradisi perayaan Imlek dan Cap Go Meh, karena memiliki makna filosofis tersendiri. Lampion berwarna merah menjadi simbol pengharapan, keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan,” sebut Ketua Fraksi Golkar DPRD Melawi itu, Kamis (14/2).

Dedy, salah satu warga Nanga Pinoh yang mengaku sangat senang dengan adanya pawai dan hiburan yang akan diselenggarakan MABT Melawi dalam rangka merayakan Imlek dan Cap Go Meh 2570 ini.

Dedy berharap pawai lampion ini bisa terus dilaksanakan tiap tahun untuk mempertahankan tradisi dan juga sebagai hiburan. Namun kata Dia, tema pawai lampion bisa lebih dikembangkan lagi dan lebih kreatif.