Belum Ada Listrik, Terpaksa Belajar Pakai Lampu Teplok

oleh

Ilustrasi
MELAWINEWS.COM, PINOH UTARA – Warga Desa Suka Damai, Kecamatan Pinoh Utara, Melawi, berpendukuk sekitar 540 kepala keluarga (KK),  hingga tahun 2019 warga  belum menikmati listrik milik PLN.

Warga hanya mengandalkan lampu teplok dan lilin untuk melakukan aktifitas di malam hari, termasuk anak-anak sekolah untuk belajar. Sementara, bagi warga yang mampu, mereka akan membeli generator untuk penerangan di rumah.

Keluhan ini disampaikan warga Suka Damai, Panigoran Pane, Rabu (13/2) di Nanga Pinoh. Pane mengatakan, pihak desa sudah beberapa kali mengajukan permohonan pemasangan listrik ke daerah Suka Damai melalui Pemkab Melawi dan PLN, namun hingga saat ini tak ada tanggapan.

Bukan hanya itu lanjut Pane, beberapa tahun lalu pihak PLN sudah pernah mendata dan mengukur jalan untuk pemasangan tiang listrik dari Jalan Provinsi Desa Labang hingga menuju Desa Suka Damai. Tapi sampai sekarang tak juga ada tanda-tanda pemasangan tiang listrik disepanjang jalan itu.

Menurut Pane, kalau dipasang tiang listrik dari Desa Labang hanya berjarak sekitar 3,5 KM menuju Desa Suka Damai dan jalan juga sudah ada, tiang listrik tak perlu lagi melalui perkebunan warga.

Dijelaskan Pane, untuk kebutuhan listrik di malam hari, pihaknya memakai generator dimana biaya bensin yang mahal. “Itupun kalau ada uang lebih, ya kami beli bensin, kalau tidak ada uang ya kami hanya menyalakan lampu pelita, sementara penghasilan warga hanya bersumber dari noreh,” keluh Pane.

“Kami sudah terbiasa gelap di malam hari sehingga tidak ada listrik pun dianggap sesuatu yang wajar. Kami sudah mengajukan dan masih menunggu realisasinya. Namun kami masih tetap berharap kepada pemerintah dan pihak PLN untuk merealisasikan jaringan listrik ke Desa Suka Damai,” harapnya.

Pane juga mengaku sudah tidak perlu berbicara lagi terkait keluhan listrik ini, karena baginya jika pemerintah menganggap mereka bagian dari masyarakat yang perlu diperhatikan maka tidak perlu diminta pun pasti pemerintah akan memasang jaringan listrik itu.