Sukseskan Program Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Panen Padi di Ella Hilir

oleh

Babinsa Koramil 1205-13/Ella Hilir, Serda Ganjar dan Serda Iskandar, membantu petani memanen padi perdana di Desa Nanga Nuak, Ella Hilir
MELAWINEWS.COM, ELLA HILIR – Babinsa Koramil 1205-13/Ella Hilir, Melawi, Serda Ganjar dan Serda Iskandar, membantu petani memanen padi perdana di Desa Nanga Nuak, Kecamatan Ella Hilir, Jum’at (8/2).

Bersama warga masyarakat Desa Nanga Nuak, Serda Ganjar dan Serda Iskandar ikut berpartisipasi memanen padi di lahan seluas 30 Ha itu hingga menghasilkan sekitar 60 ton gabah kering. 

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mensukseskan program pemerintah tentang swasembada pangan.

Dihubungi melalui sambungan selurer, Komandan Kodim 1205/Stg, Letkol Inf. Rachmat Basuki menyampaikan bahwa  kegiatan ini merupakan  program pendampingan pertanian yang sudah dicanangkan oleh Mabes TNI melalui Satuan Teritorial yang ada di masing – masing wilayah serta  dalam rangka menyukseskan program Ketahanan Pangan.

Rachmat menjelaskan, kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan. Kemudian bercocok tanam sampai panen merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan.

Dengan program TNI AD melalui Koramil dan Babinsa sebut Rachmat, terus berkomitmen membina petani dari mulai pembukaan lahan, penggarapan lahan, penyemaian, penanaman, pemupukan hingga panen.

Babinsa Serda Ganjar, disela-sela panen padi itu menambahkan, bahwa Babinsa akan selalu siap mendampingi para petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Melawi.

Lebih lanjut dikatakan Ganjar, kegiatan pendampingan ini juga untuk memupuk kebersamaan dan tetap menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat.

Salah satu warga setenpat ditemui media ini, H. Fikri (55) menyampaikan dengan adanya program  ini pihaknya selaku petani sangat menyambut baik dan berterima kasih kepada pihak TNI yang telah mendampingi warga dari mulai penanaman  hingga sampai proses penyerapan oleh pihak Bulog.

“Kami sebagai petani setempat merespon baik dengan adanya program ini, para petani sangat terbantu dengan harapan akan meningkatkan kesejahteraan para petani,” ujar H. Fikri.