Persiapan UNBK, SMA 1 Belimbing Gelar Simulasi

oleh

Simulasi UNBK Smabel

MELAWINEWS.COM, MELAWI – SMA Negeri 1
Belimbing sudah menggelar persiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Salah satunya dengan menggelar simulasi UNBK pada Rabu dan Kamis pekan ini.

Kepala SMAN 1 Belimbing, Sumardiyana, menerangkan simulasi diikuti 121 siswa kelas XII.  Simulasi pun digelar dalam tiga sesi.

“Simulasi UNBK ini digelar selama dua hari, Rabu dan Kamis. Total ada 60 perangkat komputer yang sudah siap untuk pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Belimbing. Empat laptop cadangan juga disiapkan bilamana ada gangguan terhadap komputer yang akan digunakan siswa,” katanya.

Simulasi ini, lanjut Sumardiyana penting bagi pelajar. Agar mereka benar-benar paham cara menggunakan komputer untuk membuka soal, mengisi lembar jawaban, termasuk proses login dan pengisian token. Sehingga tak kalang kabut saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnya.

“Oleh pusat, sebenarnya sekolah diberikan kesempatan tiga kali simulasi. Simulasi pertama dan kedua itu sekolah tak wajib harus ikut. Tapi pada simulasi ketiga yang rencananya akan digelar Maret, semua sekolah harus ikut. Jadi saat simulasi ini juga akan dilakukan pengecekan persiapan apakah perangkat komputer, termasuk jaringan internet sudah benar-benar siap,” terangnya.

Menurut Sumardiyana, sejauh ini SMAN 1 Belimbing siap menggelar UNBK. Simulasi yang digelar juga belum menemui hambatan, termasuk kendala dari server pusat. Apalagi ini adalah tahun kedua pelaksanaan UNBK di sekolahnya. Ada beberapa perangkat seperti keyboard dan headset yang tak berfungsi, namun sudah dilengkapi pada pelaksanaan UNBK tahun ini.

“Kalau tahun lalu, pertama kita ikut UNBK, hanya ikut simulasi tiga. Tahun ini, kita persiapkan lebih awal dengan mengikutkan pelajar di simulasi kedua. Semoga dengan ini, siswa juga lancar dalam mengikuti UNBK,” harapnya.

Diluar teknis persiapan UNBK, Sumar juga mengungkapkan sudah mempersiapkan siswa agar bisa meraih hasil maksimal pada ujian nasional tahun ini. Diantaranya dengan menggelar les atau tambahan jam belajar pada sore harinya.