Gelorakan Milenial Road Safety Festival, Satlantas Berikan Pemahaman Safety Riding Kepada Pelajar

oleh

Unit Dikyasa Satlantas Polres Melawi saat memberikan pelatihan teknik berkendara kepada pelajar
MELAWINEWS.COM, SAYAN – Satlantas Polres Melawi, Kalbar, terus menggelorakan sosialisasi Milenial Road Safety Festival kepada  kaum milenial.

Kali ini, melalui Unit Dikyasa, memberikan materi berupa teori dan praktik keselamatan berkendara (safety riding) dengan memanfaatkan moment acara penutupan Perkemahan Sayan Scout Camp 2019 yang berlangsung di lapangan sepak bola Desa Siling Permai, Kecamatan Sayan, (4/2) lalu.

Pantauan media ini, puluhan anak Pramuka pria maupun wanita yang mengikuti kegiatan praktik berkendara roda dua tersebut, juga diberi nilai dan kepada juara 1, 2, dan 3 mendapat hadiah helm.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Melawi, Aiptu Suyono, yang juga bertindak sebagai instruktur pada kegiatan itu mengatakan, masih banyak yang belum menguasai teknik berkendara motor yang benar, terutama kaum milenial.

“Melalui kegiatan Perkemahan Sayan Scout Camp Sayan ini, kami mensosialisasikan Milenial Road Safety Festival dengan berbagi ilmu kepada pelajar tentang teknik berkendara yang baik,” ujar Suyono kepada MelawiNews.Com.

Dengan adanya praktik berkendara ini lanjut Suyono, selanjutnya diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam berkendara, sebagai bentuk budaya aman berlalu lintas.

Salah satu peserta safety riding itu berasal dari SMAN 1 Sayan, Nur Hidayah, mengaku sangat senang mendapatkan ilmu baru tentang praktik keselamatan berkendara dari para instruktur Satlantas Polres Melawi tersebut.

“Kegiatan ini membuat saya perlu lagi latihan dan mawas diri dalam berkendara. Karena ternyata banyak yang harus diperhatikan saat berkendara, seperti mengerem, menikung, dan keseimbangan,” kata Nur.

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Melawi, AKP Aang Permana menjelaskan, sekilas berkendara memang mudah. Tapi, ketika menemui keadaan dan kondisi tertentu harus memiliki keterampilan jika ingin aman saat berkendara.

Tujuan dari kegiatan tersebut kata Aang, untuk mengajak generasi milenial khususnya para remaja untuk menumbuhkan perilaku tertib berlalu-lintas dan kesadaran tentang keselamatan berlalu lintas sejak dini.
Ditambahkan, lewat gelar safety riding itu kaum milenial banyak mendapatkan materi pengetahuan teknik baru soal keselamatan berkendara yang baik.