Bersama Komunitas Truk, Polisi Turun Tangan Perbaiki Ruas Jalan Sintang-Pinoh

oleh

Perbaikan jalan oleh Polisi dan Komunitas Truk TMWB sepanjang Tanjung Tengang hingga Labang yang rusak parah

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Kerusakan ruas jalan Sintang-Pinoh, khususnya antara SD Tanjung Tengang hingga Labang membuat arus lalu lintas sangat terganggu. Apalagi curah hujan yang tinggi membuat jalan yang menjadi urat nadi kabupaten Melawi kerap berlubang dan berlumpur.

Untungnya, inisiatif Satlantas Polres Melawi yang kesekian kalinya untuk melakukan perbaikan jalan  dirias tersebut membuat  kini pengendara bisa melintasi jalan tersebut dengan sedikit tenang. Perbaikan jalan yang dilakukan pada Senin (4/2) menutup sementara sejumlah lubang yang menganga.

Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana mengungkapkan, perbaikan jalan yang dilakukan jajarannya melibatkan komunitas Truck Mania West Borneo (TMWB) cabang Melawi.

“Ini bagian dari program Millenial Safety Road Festival. Kita bekerjasama dengan komunitas truk untuk memperbaiki ruas jalan yang sudah seringkali mengalami kerusakan,” katanya.

Menurut Aang, Jalan yang rusak atau berlubang seperti ini dapat menimbulkan kecelakaan dan dapat membahayakan pemakai jalan terutama bagi pengguna jalan yaitu para generasi Milenial. Pada usia ini terkadang para remaja masih labil membawa kendaraan tanpa memikirkan situasi jalan bagus apa tidak.

“Namun faktor jalan seperti ini ditambah  hujan membuat genangan. Sehingga lubang ini tidak terlihat, baik oleh kendaraan roda dua maupun angkutan umum dan penguna jalan lainnya,” katanya.

Menurut Aang, inisiatif untuk memperbaiki jalan nasional tersebut agar tidak ada korban jiwa akibat jalan yang rusak parah. Masyarakat juga bisa melintasi jalan dengan aman dan tenang.

“Yang utama memang agar tidak terjadi kecelakaan yang menimbulkan fatalitas pada korban. Ini bagian dari mewujudkan keselamatan berkendara,” katanya.

Perbaikan ini sendiri sudah kesekian kalinya dilakukan oleh Satlantas. Jalan yang rusak mulai dari sebelum hingga selepas Polres Melawi dengan panjang kurang lebih tiga kilometer. Tak jarang ada truk yang tumbang karena kerusakan tersebut. 

Koordinator TMWB Kabupaten Melawi, Fajar menuturkan kegiatan bakti sosial ini dilakukan atas dasar kepedulian selaku warga masyarakat terutama bagi pengguna jalan khususnya angkutan umum, seperti angkutan ekspedisi dan lain lain. 

“Mengingat jalan yang kami lewati tiap hari keadaannya sangat memprihatinkan dan rawan  kecelakaan,” katanya.

Fajar berharap pemerintah bisa segera memperbaiki beberapa titik ruas jalan yang rusak khususnya mulai dari Simpang Pinoh hingga ke Kota Nanga Pinoh.

“Sebab ada beberapa titik yang mengalami rusak parah bahkan pernah terjadi laka lantas di sekitar kerusakan jalan tersebut,” ucapnya.