Panji Tutup Perkemahan Sayan Scout Camp

oleh

Penyerahan piala bergilir ke perwakilan tingkat penegak SMA N1 Sayan
MELAWINEWS.COM, SAYAN – Bupati Melawi, Panji, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) Gerakan Paramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Melawi, menutup Perkemahan Sayan Scout Camp 2019 yang berlangsung dilapangan sepak bola Desa Siling Permai, Sayan, Senin sore (4/2).

Penutupan yang ditandai dengan membuka tenda peserta penegak dan penggalang, pembina dan panitia berjumlah 480 orang berasal dari Kecamatan Nanga Pinoh, Ella Hilir, Pinoh Selatan, Sayan, Tanah Pinoh dan Tanah Pinoh Barat, serta penyerahan hadiah kepada juara, dihadiri antara lain Ketua Kwarcab Pramuka Melawi, Abang Tajudin dan sejunlah undangan lainnya.

Prosesi upacara penutupan juga dirangkai dengan berbagai hiburan, diantaranya penampilan tarian, drum band dari peserta kemah dan penampilan grup qasidah dari warga setempat berlangsung meriah.

Ketua Panitia, M. Firman, dalam laporannya menyampaikan ada 11 lomba yang dilaksanakan selama perkemahan berlangsung memperebutkan 39 piala dan 2 piala umum bergilir.

Dikesempatan itu Firman mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, gudep, kepala sekolah dan guru serta masyarakat setempat yang telah berpartisipasi mendukung penuh perkemahan.

Saat amanatnya, Bupati mengatakan, kegiatan kepramukaan perlu diaktifkan, karena siswa yang aktif di Pramuka, akhlaq, budi pekerti, kepribadian serta sikap dan perbuatannya lebih baik dari pada siswa yang tidak pernah mengikuti kegiatan kepramukaan.

Kepada para kepala sekolah, guru dan siswa Panji berpesan, agar dapat terus mendukung penuh kegiatan kepramukaan, baik kegiatan intern gudep maupun kegiatan ditingkat tinggi dan cabang.

Kepada Pembina Pramuka, Panji berharap dapat meningkatkan pengabdian serta berupaya menciptakan kegiatan- kegiatan yang menarik sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi.

Ketua Kwarcab Pramuka Melawi, Abang Tajudin, menjelaskan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur.

Dalam perkemahan tersebut, yang menjadi juara umum Tingkat Penggalang diraih SMPN 1 Pinoh Selatan dan juara umum Tingkat Penegak diraih SMAN 1 Sayan.