Kapolres Pimpin Gelar Pasukan Operasi Liong Kapuas

oleh

Kapolres Melawi menyematkan pita operasi liong Kapuas pada sejumlah aparat keamanan

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Liong Kapuas di gelar di halaman Mapolres Melawi, Senin (4/2). Kapolres Melawi, AKBP Ahmad Fadlin memimpin operasi yang digelar untuk pengamanan Imlek dan Cap Go Meh 

“Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personil pengamanan, kelengkapan sarana dan prasaraana pendukung lainnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mensukseskan agenda nasional dan daerah yang aman serta kondusif,” kata Kapolres membaca sambutan Kapolda Kalbar.

Dilanjutkannya, Semangat Berbhineka seperti inilah yang harus terus kita terapkan dan wariskan kepada anak cucu kita. Semangat untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan inilah yang harus kita junjung tinggi dalam kehidupan sehari – hari. 

“Semangat untuk senantiasa bersenergi dan harmonis dalam menciptakan dan memilihara kamtibmas seperti inilah yang harus kita contohkan kepada dunia,” katanya.

Disebut Kapolres, Keberhasilan Operasi Liong Kapuas tahun lalu 2017 berbanding 2018 (Polda Kalbar dan Jajaran), penurunan pada angka kejahatan dari 182 kasus pada 2017, pada tahun 2018 dapat ditekan menjadi 167 kasus, turun 15 kasus (8,2%). Selanjutnya secara keseluruhan untuk kasus menonjol terjadi penurunan dari 53 kasus ditahun 2017, turun 13 kasus menjadi 40 kasus ditahun 2018 (24,5%). Begitu juga untuk pelanggaran lalu lintas selama Operasi Liong Kapuas 2017/2018 mengalami penurunan dari 1311 kasus tahun 2017 menjadi 1270 kasus ditahun 2018 turun 41 kasus (3,13%).

“Operasi Kewilayahan ini dilaksanakan selama 17 hari, Dimulai tanggal 4 – 20 Februari 2019, Polres Melawi melibatkan 87 personil dan ditambah kekuatan dari Instansi lainnya tentu dari rekan kami TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi (Dishub dan PolPP),” katanya.

Adapun Operasi Kepolisian Kewilayahan “Ops Liong Kapuas 2019” lanjut Fadlin bersifat terbuka yang didukung dengan pengamanan tertutup dan yang menjadi sasaran pengamanan meliputi seluruh masyarakat yang melaksanakan (Imlek dan Cap Go Meh), serta masyarakat yang beraktifitas baik berbelanja dan berwisata.

“Sedangkan kegiatan yang harus diamankan meliputi Ibadah Imlek dan Cap Go Meh di Vihara dan Klenteng, Parade Lentera, Parade Tatung, Arus Mudik / Balik, Perbelanjaan, Rekreasi dan Aktifitas masyarakat rutin, ” paparnya.

Ada suatu hal yang perlu diingatkan kepada seluruh peserta Apel Gelar Pasukan pada saat ini, senantiasa mewaspadai dan mengantisipasi gesekan – gesekan yang mungkin akan timbul, terlebih Ketika sedang berlangsungnya Perayaan Imlek dan Cap Go Meh, karena bertepatan dengan Agenda Politik Nasional yaitu Pilpres dan Pileg tahun 2019 ini.

Gelar pasukan ini dihadiri Asisten I Kabupaten Melawi yang mewakili Bupati Melawi, Kasi Dishub Kabupaten Melawi yang mewakili Kadis Dishub Kabupaten Melawi, Dan Sub Den Pom Melawi, Danki Yonif 642 Kapuas, Danramil Nanga Pinoh, Kasat PolPP Kabupaten Melawi, Perwakilan dari Dinas BPBD Melawi, Perwakilan dari Pemadam Kebakaran, Perwakilan dari masyarakat Tiong Hoa dan Pejabat Utama Polres Melawi.