Waduh Limbah My Home Cemari Sungai?

oleh

Pengambilan sampel air sungai diduga telah tercemar limbah berasal dari pembuangan Hotel My Home
MELAWINEWS.COM, SINTANG – Beberapa hari terakhir warga Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, keluhkan kondisi air di Sungai Alai, lantaran warga menemukan ada perubahan warna dari warna hitam kemerahan menjadi hitam pekat.

Warga menduga air ini telah tercemar limbah berasal dari pembuangan Hotel My Home.

Dikonfirmasi Ketua RT 02 Kelurahan Ladang, Yusuf Rizal, pada Kamis (31/1) dikediamannya menyatakan dirinya mendapat laporan dari masyarakatnya terkait perubahan warna air Sungai Alai.

Sungai yang bermuara di Sungai Kapuas tersebut masih dikonsumsi masyarakat sepanjang bantaran sungai baik untuk mandi, mencuci serta keperluan lainnya.

“Saya mendapatkan laporan dari warga, dalam beberapa hari ini terjadi perubahan warna air, dari sebelumnya berwarna hitam kemerahan, menjadi hitam pekat,” ujarnya pada sejumlah awak media.

Setelah mendapatkan laporan dari warga tentang adanya pencemaran air sungai, lantas dirinya mengcroscek kebenaran laporan masyarakatnya.

“Keesokan harinya saya langsung ngecek ke lokasi, emang ada perbedaan warna air sungai, antara hulu dan hilir sungai yang ada pembuangan limbah milik Hotel My Home. Jika ke hilirnya dari pembuangan ini air berwarna hitam pekat, namun ke hulunya warna air normal,” beber Yusuf Rizal.

Rizal bukan hanya ngecek, dirinya juga mengambil sampel air tersebut, dan telah melaporkan kejadian ini ke Lurah setempat.

“Kejadian ini sudah saya laporkan ke Pak Lurah, agar dapat ditindak lanjuti, sampai ke Dinas Lingkungan Hidup serta ke dinas terkait lainya,” tutup Rizal.

Di tempat terpisah, Lurah Ladang, Khairul Fuad, membenarkan hal itu laporan warga, tentang adanya perubahan warna air yang berada di Sungai Alai.

“Memang ada warga yang melapor, yaitu ketua RT 02 dan warga RT 02, saya juga telah perintahkan kepada staf saya untuk membuat surat tembusan kepada DLH dan Bupati,” kata Kharul Fuad.

Dirinya dalam waktu dekat akan memanggil pihak My Home untuk duduk bersama memberikan keterangan terkait hal ini, Khairul Fuad berharap pihak Hotel My Home lebih berhati-hati dalam membuang limbah.

Dihubungi melalui telefon seluler, pihak manajemen My Home juga telah mendapatkan loporan tersebut, dan pihaknya sedang melakukan pengecekan kebenaran itu.

“Oh iya, saya juga ada dengar,
tapi lagi kita cek, soalnya untuk sungai di sebelah memang hitam dan bau bu.Ga tau ini berasal darimana. Sekarang kita cek,” kata Sikotu Rahma.(Yanti)