Puting Beliung Hantam Ruko, Atap Beterbangan di Atas Jalan Juang

oleh

sisa-sisa puing seng yang sempat menutupi jalanan akibat puting beliung menghantam ruko depan Pasar Rakyat

MELAWINEWS.COM, Melawi – Hujan disertai angin kencang melanda kota Nanga Pinoh sejak Magrib hingga beberapa jam Minggu (20/1) malam. Kuatnya tiupan angin ini pun membawa korban, dimana sejumlah atap ruko sampai terlepas dan terbang dihantam angin puting beliung. Puing-puing atap berhamburan di jalan juang depan Bank Kalbar hingga melesat ke Pasar Rakyat yang baru saja selesai dibangun.

Lima ruko mengalami kerusakan parah. Salah satunya adalah Sekretariat DPD Partai Nasdem Kabupaten Melawi. Puting beliung memang tak membuat pondasi ruko rusak, namun, atap yang terbang terbawa puting beliung membuat sebagian lantai ruko tiga lantai ini basah total.

Karoleus Baromeus Dedit mengungkapkan bahwa secara total ada lima ruko yang menjadi korban puting beliung. Ia pun mengetahui kantor partai Nasdem ikut menjadi korban angin setelah staf yang berjaga dikantor memberitahua dirinya.

“Saya awalnya dapat informasi dari staf sekretariat yang mengabarkan bahwa atap ruko sekretariat melayang dihantam angin. Kami pun langsung melakukan pengecekan ke lokasi,” ujarnya.

Dipaparkan Dedit, total ada lima ruko pada deretan yang sama, termasuk bekas agen motor Suzuki yang juga mengalami kerusakan parah akibat puting beliung. Puing material bahkan melayang dan menghantam bagian depan pasar rakyat yang belum lama selesai dibangun.

“Info awal yang kami dapat, justru atap yang melayang adalah pasar rakyat yang baru dibangun. Tapi setelah dicek, ternyata ruko depannya, termasuk sekretariat Nasdem,” ujarnya.

Jalan Juang pun, lanjutnya sempat ditutup sementara untuk membersihkan sisa sisa seng dan material kayu yang berserakan di badan jalan. Listrik pun padam total hingga beberapa jam karena adanya jaringan distribusi yang terputus tertimpa atap ruko.