Polsek Serawai Komitmen Berantas PETI

oleh

Kapolsek Serawai, Ipda Rahmad Kartono, melakukan pendekatan dan himbauan langsung kepada penambang untuk menghentikan aktifitas PETI
MELAWINEWS.COM, SINTANG – Kapolsek Serawai, Sintang, Ipda Rahmad Kartono, menyatakan pihaknya tetap berkomitmen akan berupaya memberantas aktifitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang berada di wilayah itu.

Meski hal memberantas tersebut suatu yang tidak mudah, apalagi aktifitas masyarakat ini berkaitan dengan hajat hidup para pekerja dan keluarganya. Pertimbangan inilah yang membawa pihak Polsek Serawai mengutamakan upaya pendekatan, sekaligus menumbuhkan kesadaran bagi para pekerja PETI.

“Ini adalah pekerjaan berat, untuk itu perlu ada komitmen bersama dengan penegakan hukum yang berlaku untuk ditindak tegas. PETI ini menjadi salah satu permasalahan yang sangat kompleks sekali, mengingat pekerjaan ini juga sebagai sumber ekonomi masyarakat,” ujar Rahmad, Jum’at (18/1).

Rahmad menjelaskan, untuk memberantas PETI ini, pihaknya terus melakukan cara pendekatan dan himbauan kepada masyarakat, agar aktifitas PETI dihentikan. “Selain itu kita juga  mendengarkan keluhan mereka berkaitan dengan penghentian aktifitas,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Rahmad, meskipun saat ini para pekerja PETI sudah menghentikan aktifitasnya, tentu harus dibimbing dan dibina secara berkala, agar jangan sampai kembali beraktifitas.

Rahmad menegaskan, bahwa pihaknya tetap berkomitmen akan melakukan penindakan, jika kembali ada aktifitas PETI, sebab sudah menjadi ketentuan hukum. “Carilah pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan yang pasti bagi bapak-bapak,” sebut Rahmad dihadapan para penambang.

Disisi lain tambah Rahmad, aktifitas PETI akan berdampak bagi lingkungan, seperti tanah longsor, merusak ekosistem air sungai, dan beresiko korban jiwa bagi pekerjanya. (Yanti)