Penguatan Pancasila Dengan Adanya Pembauran Anak Bangsa

oleh

Puluhan anak sekolah dan mahasiswa ikuti kegiatan Pembauran Anak Bangsa
MELAWINES.COM, NANGA PINOH – Guna memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, maka pemerintah memandang perlu untuk melakukan pembauran di kalangan anak bangsa.

Dalam rangka itu pula, Pemkab Melawi, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bidang Kesatuan Bangsa terus melakukan pembinaan terhadap masyarakat, baik secara formal maupun non formal.

Satu diantaranya melalui Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) menggelar kegiatan Pembauran Anak Bangsa (PAB), sekaligus sosialisasi FPK kepada masyarakat, yang dilaksanakan disalah satu hotel Kota Nanga Pinoh, Melawi, Sabtu (19/1).

Kegiatan yang bertemakan “PAB Dalam Rangka Memperkuat Karakter dan Jati Diri Bangsa Yang Tangguh, Kompetitif, Berakhlak Mulia, Bertoleran, Bergotong Royong, Patriot, Berbudaya, dan Berorientasi Pada Iptek Berdasarkan Pancasila” ini dibuka Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Melawi, Imansyah mewakili Bupati Melawi. Dihadiri antara lain Ketua FPK Melawi, Jubir Saidy dan sejumlah undangan lainnya dilingkup Pemkab Melawi.

Adapun materi kegiatan ini, Pancasila idiologi dan dasar Negara, mewujudkan kerukunan antar suku-etnis-golongan-agama, indahnya keberagaman dalam persatuan dan revolusi mental membangun karakter bangsa dan IPTEK mewujudkan siswa berprestasi. Sebagai narasumber kegiatan dilakoni Jubir Saidy, Teguh Hadi, Sudarmono Otong dan Sandi.

Kepala Seksi (Kasi) Kesatuan Bangsa (Kesbang) DPMD Melawi, Umbang Suwandi, selaku ketua panitia kegiatan PAB itu, dalam laporannya mengatakan kegiatan dilaksanakan satu hari dan peserta kegiatan berasal dari perwakilan 10 sekolah di Melawi, masing-masing sebanyak 10 orang ditambah mahasiswa dari STKIP Melawi.

Umbang mengungkapkan, bahwa tujuan kegiatan dilaksanakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta untuk dapat memahami dengan baik, apa yang dimaksud dengan pembauran kebangsaan serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan melaui revolusi mental membangun karakter bangsa dan IPTEK mewujudkan siswa berprestasi.

Ditempat yang sama, Asisten I Setda Melawi, Imansyah mengungkapkan, sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini yang membawa rasa nasionalisme pembauran rasa kebangsaan, rasa Bhinneka Tunggal Ika hingga ke mahasiswa dan anak sekolah yang perlu dibangun.

Imansyah mengakui, kegiatan ini merupakan upaya untuk memasyarakatkan program FPK Melawi secara berjenjang, agar dapat dipahami dan dihayati oleh masyarakat secara luas.

“Semangat persatuan serta nasionalisme terus kita jaga dan terus kita tingkatkan. Dengan keragaman itu tidak bukan menjadi perpecahan, tetapi dengan keragaman itu kita jadikan kekuatan untuk memajukan Melawi khususnya,” jelas Imansyah.