13 Kades Dilantik, Ini Pesan Bupati Panji

oleh

Foto bersama kades yang baru dilantik bersama Bupati dan ketua DPRD
MELAWINEWS.COM, MELAWI -13 Kepala Desa (Kades) dilantik oleh Bupati Melawi, Panji di Pendopo Bupati, Rabu (19/12). Kades yang dilantik diminta untuk bisa mengelola dana desa dengan transparan.

Menurut Panji, anggaran desa yang kini menembus hingga Rp 1 miliar per desa sebenarnya tidak ada apa-apanya karena belum tentu mampu menyentuh semua harapan masyarakat. Namun, yang perlu dilakukan adalah selalu terbuka sehingga rakyat bisa mengerti dengan segala kondisi yang dihadapi.

“Segala sesuatu diawali dengan keterbukaan. Kalau sudah terbuka, saya yakin masyarakat akan memberikan dukungan pada kita. Kemudian libatkan mereka dan buat mereka ikut merasakan sehingga juga ikut merasa bertanggung jawab dalam pembangunan yang sudah dilaksanakan,” katanya.

Panji juga memberikan pesan pada kades yang dilantik yakni bekerja sesuai aturan. Jika ada keraguan konsultasikan pada pejabat diatasnya, baik camat, DPMD, inspektorat atau mungkin pada bupati dan wakil bupati.

“Kades juga jangan lupa lakukan pengawasan, baik pada staf. Karena salah melaksanakan aturan bisa jadi disebabkan karena ketidaktahuan, ketidakpahaman atau terlambat mengikuti perkembangan aturan. Dalam bekera harus berhati-hati, karena sekarang sedikit-sedikit kita dilaporkan. Tapi anda tak usah takut, bila tak berbuat salah dan melanggar hukum,” katanya.

13 Kades yang dilantik sendiri terdiri dari sembilan kades dari hasil pelaksanaan Pilkades serentak Oktober lalu dan empat kades hasil pergantian antar waktu (PAW). PAW dilakukan karena ada kades yang memang maju sebagai caleg atau meninggal dunia.

“Sembilan kades hasil Pilkades yang dilantik yakni Kades Poring, Nanga Ella, Jabai, Nanga Sokan, Sijau, Nanga Ora, Tiong Keranjik, Junjung Permai dan Nanga Raya. Sedangkan yang PAW adalah Kades Kahiya, Nanga Tikan, Batu Badak dan Natai Panjang. Yang PAW ada yang menjabat sampai tiga tahun, yang lain tinggal setahun-setahun,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Junaidi.