Fraksi Golkar Kritik Bupati Melawi Soal Pembangunan

oleh
Lambang partai Golkar

MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Fraksi Golkar DPRD Melawi mengkritik kebijakan Bupati Melawi, Panji, terkait pelaksanaan APBD Melawi 2019 yang disusun pemerintah setempat.
Fraksi Golkar DPRD Melawi ini menilai, alokasi anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di APBD Melawi tahun 2019 ini tidak memberikan rasa keadilan secara kewilayahan kepada masyarakat, karena pembangunan bersumber dari DAK tidak terdistribusi secara menyeluruh.
Menurut Fraksi Golkar DPRD Melawi, yang di ketuai sekaligus juru bicara fraksi, Taufik, saat pandangan akhir pengesahan APBD Melawi tahun 2019 belum lama ini menyebutkan bahwa pembangunan yang bersumber dari DAK tidak dirasakan yang berada di jalur Sungai Pinoh, meliputi Kecamatan Sayan, Tanah Pinoh, Sokan dan Tanah Pinoh Barat.
Taufik mengatakan, bahwa pembangunan yang bersumber dari DAK di tahun 2019 ini tidak ada satu rupiah pun yang dianggarkan ke wilayah Kecamatan jalur Sungai Pinoh. Fraksi ini menghimbau kepada Bupati Melawi, agar melakukan pembangunan infrastruktur di Melawi memperhatikan sejumlah aspek, seperti kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak, utamanya anggaran yang bersumber dari DAK.
Ditegaskan Taufik, pembangunan tidak boleh pilih kasih wilayah, namun harus melihat kebutuhan infrastruktur fisk maupun non fisk masyarakat yang memang sangat dibutuhkan mendesak di kecamatan hingga ke pedesaan diwilayah pemerintah setempat.
“Kami Fraksi Golkar melihat belum memenuhi aspek-aspek tersebut soal pemerataan pembangunan yang bersumber dari DAK. Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan masih belum terdistribusi dengan baik secara menyeluruh,” kata Taufik, ditemui usai sidang paripurna itu.
Fraksi Golkar menilai lanjut Taufik, fraksinya tidak akan pernah berhenti memberikan masukan kepada Bupati Melawi demi kepentingan masyarakat, agar pembangunan sesuai dengan kebijakan pemerintah dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta pembangunannya dapat merata keseluruh daerah yang ada di Melawi.
“Fraksi Golkar ingin program percepatan pembangunan di Melawi tepat sasaran, sehingga dapat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyatakat kita,” jelasnya.
Dikesempatan rapat paripurna tersebut, Bupati Melawi, Panji, mengucapkan terima kasih atas saran, masukan maupun kritik yang membangun disampaikan Fraksi Golkar kepada Pemkab Melawi demi kemajuan daerah Kabupaten Melawi yang lebih baik kedepan.
“Catatan-catatan strategis yang disampaikan Fraksi Golkar akan menjadi pertimbangan kami sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Saya berharap sinergitas antara DPRD dan Pemkab Melawi tetap  terjaga dengan baik sebagai penyelenggara Negara,” harap Bupati.