Sayan Usulkan Listrik 24 Jam Ke PT. PLN Rayon Sanggau

oleh

Audiensi masyarakat Sayan dengan pihak PLN Sanggau
Oleh : Doekuh Bamboe

Sesuai dengan komitmen yang dikemukakan oleh PT. PLN (Persero) bahwa “PLN telah berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”, dalam hal ini PT. PLN (Persero) secara langsung memiliki tekad untuk menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyedian listrik, yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Listrik merupakan kebutuhan mendasar kehidupan masyarakat. Ketika listrik menyala siang dan malam akan membawa dampak yang sangat positif bagi perkembangan Kabupaten Melawi pada umumnya, dan khusunya Kecamatan Sayan. Pada saat ini, perkembangan ekonomi dan pendidikan di Kecamatan Sayan masih sering terjadi kendala yang tidak signifikan dengan perkembangan jaman. Seperti halnya, pada saat Pemerintah Pusat mengintruksikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tataran SMA/SMK sederajat, pihak sekolah di Kecamatan Sayan masih kebingungan untuk melaksanakannya, karena berbagai kendala menghadang didepan mata seperti listrik hanya menyala malam saja (tidak mungkin UNBK dilaksanakan malam hari) dan sinyal internet yang belum tersedia, sementara kita harus menghadapi perubahan yang begitu cepat dan mau tidak mau kita harus dinamis.
Camat Sayan Bapak Yunus, S.ST mengatakan bahwa “kami ingin dan mengajukan dengan segala hormat serta memohon kepada PT. PLN (Persero) Rayon Sanggau untuk dapat memberikan kepada kami kesempatan untuk menikmati listrik dalam kurun waktu 24 jam atau siang dan malam. Kami rasa, PT. PLN (Persero) khususnya Rayon Sanggau tidak akan lupa apalagi dengan sengaja melupakan komitmen, SIPP, Integritas dan rasa pedulinya kepada kami di Kecamatan yang sangat mengharapkan supply energi listrik baik malam mau pun siang hari demi kemajuan untuk negeri yang kita cintai ini” ungkap beliau.
Kepala Desa Pekawai Bapak Herpendi yang juga turut serta dalam rombongan yang datang ke kantor PT. PLN (Persero) Rayon Sanggau, mengatakan bahwa “kami sudah sangat layak untuk menikmati listrik 24 jam atau siang malam, karena dari sisi jumlah pelanggan kami sudah memenuhi dan cukup dan ini bukan bicara tentang layak atau tidak layak, tetapi listrik merupakan kebutuhan utama dalam menjalankan kehidupan kami sehari-hari di desa-desa” ungkapnya.
Dari hasil pertemuan tersebut, PT. PLN (Persero) Rayon Sanggau yang diwakili langsung oleh Bapak Didi Kurniawan Abuhari yang merupakan Account Executive Director Team menyampaikan bahwa memang untuk Kecamatan Sayan dan beberapa daerah lainnya membutuhkan kajian atau survey sebelum memutuskan layak atau tidak layaknya menyala secara continue 24 jam.
Berbicara mengenai listrik yang saat ini merupakan kebutuhan mendasar dalam setiap sisi kehidupan ini maka sepantasnya kita tidak berbicara layak atau tidak layaknya keberadaan listrik ini didaerah-daerah yang memang membutuhkannya. Namun, listrik merupakan kebutuhan yang berarti harus dipenuhi disetiap adanya kehidupan.