1.462 Pelanggar Terjaring Razia Operasi Zebra di Melawi

oleh
Pelaksanaan Operasi Zebra di Melawi

MELAWINEWS.COM, MELAWI – 1.462 pengendara terjaring razia Operasi Zebra dan dikenakan penindakan langsung (tilang). Pelanggaran yang paling mendominasi hampir sama dengan tahun lalu, yakni tidak menggunakan helm atau helm ganda.

Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/11) mengungkapkan pelanggaran helm paling mendominasi dalam setiap razia yang digelar diberbagai titik.

“Jumlah pelanggar karena helm mencapai 936 pengendara. Banyak pengendara terjaring karena tak menggunakan helm SNI, atau penumpang dibelakangnya tak memakai helm,” jelasnya.

Ketidakpatuhan pengendara kendaran roda dua dalam persoalan helm ini banyak terjadi saat malam hari. Kerap kali para pelanggar terjaring dalam razia yang digelar pada malam hari.

“Padahal imbauan soal helm sudah berkali-kali disampaikan oleh kita. Karena ini menyangkut keselamatan berkendara, bukan cuma sekedar untuk mematuhi aturan lalu lintas. Helm juga menjadi target dalam Operasi Zebra kali ini,” jelas Aang.

Selain ketidakpatuhan soal penggunaan helm, Aang mengungkapkan pelanggaran tertinggi kedua adalah melawan arus. Pengendara kendaraan roda dua seringkali memotong jalur atau melawan arus untuk menghemat waktu. Padahal ini jelas bisa menimbulkan kecelakaan fatal.

“Total ada 242 tilang yang dikeluarkan karena pelanggaran melawan arus. Ditempat ketiga ada pengendara masih dibawah umur dengan total 98 tilang. Juga ada penilangan pada pengendara roda empat karena tak menggunakan safety belt,” ujarnya.

Berakhirnya pelaksanaan Operasi Zebra menurut Aang bukan berarti penindakan terhadap pelanggar lalu lintas berhenti. menurutnya penertiban kendaraan atau pengendara yang tak patuh tetap dilakukan dalam kegiatan rutin biasa.