Semadin Tak Lagi Krisis Air Bersih

oleh
Lokasi embung desa Semadin Lengkong

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Desa Semadin Lengkong kecamatan Nanga Pinoh patut dicontoh. Pasalnya desa ini berhasil membangun embung untuk mengatasi persoalan air bersih di desa itu.

Sebelumnya masyarakat desa Semadin Lengkong harus mengambil air bersih dengan jarak yang cukup jauh. Sedangkan untuk mandi mereka harus memanfaatkan sungai Kelakik yang kotor dan tidak layak.

Namun setelah dibangun embung masyarakat kini merasakan manfaatnya. Air bisa langsung ke rumah mereka tanpa harus bersusah payah.

“Ini merupakan usulan dari maayarakat. Kemudian kami bahas melalui musdes dan pada tahun 2017 embung itu berhasil kami bangun menggunakan dana desa” kata kades Semadin Lengkong Sujing.

Rosintawati salah satu warga dusun Mulung desa Semadin Lengkong menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah desa yang telah membangun embung. Sehingga dirinya tidak lagi kesulitan air bersih.

“Kami hanya dipungut Rp 20.000 perbulan. Itu untuk biaya perawatan. Jadi sangat murah daripada harus ambil air jauh-jauh” katanya. (Link video)