Kapolres Berjibaku Ikut Padamkan Api

oleh

Kapolres Melawi saat ikut memadamkan kebakaran lahan
MELAWINEWS.COM, NANGA PINOH-Penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Melawi menjadi perhatian khusus semua Pihak. Selain dapat berdampak menggangu lingkungan, Kebakaran hutan dan lahan juga dapat menjadi hambatan pada penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Untuk menanggulangi Karhutla, Jajaran Polres Melawi telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya dengan membagikan maklumat Kapolda Kalbar tentang larangan membakar hutan dan lahan, memasang spanduk himbauan di setiap sudut Jalan Raya maupun pemukiman penduduk.

Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si sebagai Pimpinan Polres Melawi, kerap turun langsung ke lapangan guna mengantisipasi terjadinya karhutla.

Kapolres Melawi memimpin langsung pelaksanaan patroli antisipasi karhutla bersama dengan masyarakat peduli api, Manggala Agni Sintang, BPBD Kabupaten Melawi dan unsur TNI di Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi, Kamis (16/8/2018) pagi.

Pada pelaksanaanya turut hadir juga, Kabag Ops Polres Melawi AKP Sofyan, Kasat Reskrim, Kasat Binmas, Kasat Sabhara bersama Anggotanya dan Kapolsek Belimbing bersama anggotanya.

Kapolres Melawi menjelaskan “Kami melaksanakan patroli menggunakan sepeda motor, patroli karhutla ini dilaksanakan untuk mencegah dan memadamkan api jika terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dengan turun langsung ke lapangan Kami dapat menyerap aspirasi dan mengetahui kendala di lapangan” ujar AKBP Ahmad Fadlin.

“Harapannya semoga, semua pihak memahami dan tidak membakar hutan dan lahan kembali, untuk kepentingan kita bersama”, tutup Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si.

Senada dengan Kapolres Melawi, Kabag Ops AKP Sofyan menyampaikan, Kami ingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat baik itu perorangan ataupun korporasi, jangan sampai dengan sengaja membakar lahan, karena jika terbukti melanggar siap – siap dijerat sanksi pidana berat, ungkap mantan Kasat Reskrim Polres Landak tersebut.

Dalam kegiatan patroli Karhutla tersebut sepeda motor modifikasi SAR Polres Melawi juga digunakan untuk memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi.(**)