Nasdem Serahkan Daftar Bacaleg Ke KPU

oleh

Ketua DPD Nasdem, Panji serahkan daftar Bacaleg ke KPU

MELAWINEWS.COM, MELAWI – Partai Nasdem menjadi salah satu parpol yang ikut menyampaikan daftar usulan bakal calon legislatif ke KPU, Senin (16/7). Partai ini menyerahkan penuh 30 nama bacaleg yang tersebar di empat daerah pemilihan Melawi. Ketua DPD Nasdem, Panji mengatakan, sejauh ini tidak ada persoalan terkait persyaratan yang harus dipenuhi para calegnya.

” Syarat pencalegan sudah kita penuhi semua. Hanya memang ada beberapa yang belum diambil, tapi sudah diproses. Misalnya surat dari pengadilan, ada satu atau dua caleg yang belum. Sedangkan untuk keterwakilan perempuan minimal 30 persen, kita sudah terpenuhi semua di tiap dapil,” ujarnya.

Panji melanjutkan tak cuma daftar nama caleg, namun juga penyerahan usulan ke KPU langsung dengan posisi nomor urut caleg tersebut. Penetapan nomor urut untuk Daftar Calon Sementara (DCS) kata Dia ditentukan melalui Surat Keputusan DPP.

” Begitu pula untuk tingkat provinsi maupun caleg DPR RI. Pengurus pusat yang menentukan,” jelasnya.

Soal nomor urut ini, Panji menilai sebenarnya dengan sistem pemilu saat ini sudah tak lagi menjadi perhatian umum. Hanya karena dalam surat suara, daftar caleg harus diberikan nomor. Hanya diakuinya nomor urut masih bisa memberikan pengaruh ataupun nilai prestise. Karenanya banyak caleg yang menginginkan mendapat nomor satu.

“Hanya sekarang kan nomor satu itu ada dua. Satu di depan dan satu belakang. Hanya ini lebih berfungsi pada pemilih pemilih yang tak bisa baca tulis. Sehingga lebih mudah mengkampanyekan. Misalnya pilihlah yang paling atas atau paling bawah atau sesuai nomor partainya,” ujarnya.

Namun, dengan sistem penghitungan yang baru, Panji mengatakan, partai akan terus mengupayakan mendapat suara sebanyak banyaknya. Baru kemudian dilakukan pembagian dengan bilangan ganjil sehingga diketahui berapa kursi yang akan didapat.