Halal Bihalal Ormas Islam, Ini Pesan Sukiman Pada Umat Islam Dalam Pilgub Kalbar

oleh
Halal Bihalal Ormas Islam, Ini Pesan Sukiman Pada Umat Muslim

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Gabungan Ormas Islam kabupaten Melawi menggelar Halal Bihalal dengan penceramah yang juga Wakil LDNU DR KH Abdi Kurnia Djohan MA di Graha Sukiman Center Minggu (24/6).

Dalam kesempatan itu, Kepala kemenag Melawi Abdul Bar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan ukuwah islamiah. Sehingga hubungan baik senantiasa terjaga. Dia juga meminta umat islam menjaga persatuan dan persatuan demi pilkada yang aman dan damai.

Sementara itu Anggota DPR RI H Sukiman, menyampaikan permohonan maaf jika selama menjabat sebagai wakil rakyat terdapat salah dah khilaf. Karena setiap manusia tak luput dari khilaf dan salah.

Sukiman juga berharap pilkada Kalbar yang tinggal menghitung hari ini berjalan aman dan damai.  Dia juga meminta umat islam bersatu dalam menentukan pemimpin.

Sementara itu KH Abdi Kurnia Djohan mengatakan, bahwa kabupaten Melawi dalam bahasa Arab itu ada artinya. Di dalam kamus artinya jalan yang mudah.

Terkait dengan halal bihalal dia mengungkapkan tradisi halal bihalal ini hanya ada di Indonesia. Kalau di negara islam lain tidak ada. Kata Abdi Istilah halal bihalal muncul pada tahun 1955.

Saat itu indonesia sedang dalam kondisi yang sedang panas pada saat pemilu karena banyak partai politik yang ikut serta. Meski mereka berbeda pendapat mereka punya argumen. Karena mereka pintar2 dan rajin membaca buku. Sehingga kalau berdebat membawa manfaat. Banyak ilmu yang didapat. Orang dulu meskipun beda pendapat saling serang dalam forum. Namun begitu dalam bekerjasama.

“Berbeda dengan sekarang. Beda pendapat akan dihabisi sampai ke akar akarnya. Beda pendapat hendaknya jangan dijadikan permusuhan. Beda pendapat adalah hal biasa” katanya.

Pada zaman dulu saat tensi politik sedang panas presiden Soekarno meminta ijin dengan kyai untuk menyatukan para pimpinan partai politik.