3.800 Pelajar SMP Se Melawi Ikuti UN Senin Ini

oleh
Joko Wahyono

MELAWINEWS.COM, Melawi – Ujian Nasional tingkat SMP/MTs akan dimulai pada 23 April ini. 3.800 pelajar SMP Melawi terdaftar sebagai peserta ujian nasional yang akan diselenggarakan di 112 sekolah. Dari keseluruhan SMP, hanya SMPN 1 Nanga Pinoh yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, Joko Wahyono, mengungkapkan pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Melawi digelar dengan dua model ujian.

“Ada yang UNBK dan sebagian besar masih UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil). Dari 3.800 an siswa yang ikut ujian, 320 siswa saja yang akan mengikuti UNBK yakni siswa dari SMPN 1 Nanga Pinoh,” terangnya.

Persiapan pelaksanaan UN SMP, menurut Joko berjalan lancar. Untuk sekolah yang masih menggunakan UNKP, soal sudah datang pada 16 April lalu. Soal UN ini juga sudah didistribusikan ke sub rayon sejak kemarin.

“Ada tiga sub rayon di Melawi. Pendistribusian sudah dilakukan sejak 17 April. Nanti setelah sampai sub rayon, maka akan menjadi tanggung jawab rayon tersebut masing-masing,” katanya.

Tahun ini, kata Joko, memang baru SMPN 1 Nanga Pinoh yang siap menggelar UNBK. Namun, ia menargetkan pada 2019 mendatang, jumlah sekolah yang menggelar UNBK bisa meningkat.

“Kita menargetkan paling tidak 15 sekolah bisa UNBK tahun depan. Karena kita sudah memberikan bantuan dan media komputer serta peralatan pendukung untuk 15 sekolah tersebut pada 2017 lalu,” terangnya.

Joko pun mengimbau agar siswa yang akan menghadapi UN SMP tahun ini bisa belajar serius untuk menghadapi ujian yang akan berlangsung selama empat hari. Manfaatkan waktu sebaik mungkin dan kurangi kegiatan-kegiatan diluar rumah yang tak ada kaitannya dengan ujian.

“Jaga fisik dan kesehatan. Belajarlah dirumah semaksimal mungkin. Kita juga meminta orang tua mengawasi anak-anaknya dan guru juga bisa mempersiapkan pelaksanaan ujian dengan maksimal,” pesannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *