637 Peserta Ikuti MTQ VII Tingkat Melawi di Belimbing Hulu

oleh
Bupati Panji Menekan tombol sirine dirangkai dengan tabuhan rebana oleh Dadi Sunarya UY, H. Sukiman dan Abang Tajudin tandai pembukaan MTQ VII tingkat kabupaten Melawi di Belimbing Hulu

MELAWINEWS.COM, MELAWI-Bupati Kabupaten Melawi, Panji, membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VII tahun 2018 tingkatkabupaten di lapangan sepakbola Sungai Durian, Desa Tiong Keranjik, Kecamatan Belimbing Hulu, Selasa malam (20/2).

Pembukaan tersebut ditandai dengan membunyikan sirine oleh Bupati Melawi, dirangkai dengan tabuhan rebana oleh Wakil Bupati Dadi Sunarya UY, Anggota DPR RI Dapil Kalbar, H. Sukiman, Ketua DPRD Melawi Abang Tajudin dan Camat Belimbing Hulu, Sonten.

Ketua Panitia MTQ VII tingkat Melawi tahun 2018, Midi Amin, dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan MTQ yang berlangsung hingga tanggal 24 Februari ini diikuti peserta dari 11 kecamatan yang ada di Melawi dengan total jumlah kafilah sebanyak 637 orang.

Untuk jenis perlombaan lanjut Midi Amin, diantaranya Tilawah Dewasa, Tilawah Remaja, Tilawah Anak-anak, Murottal Dewasa dan Sahril Qur’an Putra/Putri, Hifzil Qur’an 1,5 dan 10 Jus, Murottal Remaja, Tartil Anak-anak, Khot Dekorasi, Hiasan Mushab, Naskah dan Kontemporer.

Dikatakan, adapun lokasi perlombaan menggunakan mimbar utama, Masjid Al-Amin, SDN 02 Nanga Keberak dan SMPN 3 Belimbing Hulu. “Dewan hakim berjumlah 35 orang terdiri dari 33 orang dari Melawi, dari Sintang 1 orang dan dari Provinsi Kalbar 1 orang,” ujarnya.

Camat Belimbing Hulu, Sonten, mengatakan dengan pelaksanaan MTQ ini di Belimbing Hulu, pihaknya dan masyarakat sangat bangga dan merasa terhormat menjadi tuan rumah. Camat berharap partisipasi, bantuan dan kerjasama dari semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan seluruh rangkaian kegiatan MTQ, sehingga dapat berjalan, aman, lancar dan sukses.

Ditempat yang sama, Ketua LPTQ Melawi, Dadi Sunarya UY, mengungkapkan pelaksanaan MTQ VII digelar dalam rangka menyeleksi peserta terbaik dari seluruh kecamatan yang akan diutus mewakili Melawi pada MTQ 27 tingkat Provinsi Kalbar tahun 2018 di Mempawah bulan Juli mendatang.

Dikesempatan itu kepada peserta Dadi berpesan agar menjungjung tinggi sportivitas dan menerima segala keputusan dewan hakim. “Saya berharap seluruh Qori-Qori’ah dapat tampil semaksimal mungkin, tunjukkan bahwa Melawi memiliki potensi Qori-Qori’ah yang tak kalah mahirnya dari daerah lain,” pesan Dadi.

Kepada Dewan Hakim Dadi mengingatkan, agar dalam mengambil keputusan penilaian harus bersikap adil tanpa ada intervensi dari bentuk apapun, sehingga pemenang dari seluruh jenis perlombaan yang terpilih atau juara adalah yang memang memiliki kemampuan dan berkualitas.

Senada dengan Dadi Sunarya UY, Bupati Melawi Panji, kepada Dewan Hakim diharapkan dapat menilai musabaqoh ini sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan. Ditegaskan, dengan penilaian yang adil diberikan akan melahirkan para peserta terbaik dicabang masing-masing lomba untuk mewakili Melawi di event lebih tinggi.

Panji berharap kepada umat muslim untuk menjadikan spirit Al-Qur’an menjadi petunjuk yang senantiasa terpatri dalam setiap sanubari dan dieksperesikan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. “Dengan pelaksanaan MTQ ini, saya berharap dapat membawa manfaat dan maslahat, dalam upaya mengaktualisasikan ajaran Islam secara damai di bumi Melawi,” harapnya.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *