Dinas PU Pilih Perbaiki Ruas Alternatif Semadin-Kelakik

oleh
Pihak Perusahaan mulai melakukan penimbunan jalan di ruas Pinoh-Ella

MELAWINEWS.COM, Melawi – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Melawi memilih untuk memperbaiki ruas jalan alternatif dari arah desa Kelakik ke Simpang Semadin. Pilihan ini diambil mengingat perbaikan di ruas Tahlud hingga Semadin memerlukan biaya yang besar.

Kepala Dinas PUPR, Makarius Horong mengungkapkan, instansinya lebih memilih untuk memperbaiki jalan alternatif mulai dari Simpang Semadin Lengkong dan menggunakan jalan yang mengarah ke Kelakik atau Logpon eks PT 88 . Jalan ini akan diperbaiki sehingga bisa digunakan masyarakat untuk menghindari ruas Semadin-Tahlud yang rusak parah.

“Tapi itu hanya untuk masyarakat. Nanti saya minta warga dan kades pasang portal sehingga perusahaan tak bisa lewat sana. Kalau kita perbaiki jalan Semadin-Tahlud, percuma juga karena pasti rusak lagi dilewati ratusan truk perusahaan. Jadi sama saja dengan buang duit,” katanya.

Menurutnya, di ruas jalan Pinoh-Ella, lebih baik perusahaan yang memperbaiki karena sudah ada komitmen dari tim yang telah dibentuk sejak tahun lalu. Tim dari perusahaan inilah yang memperbaiki jalan tersebut sehingga angkutan perusahaan juga lebih lancar.

“Sementara kita juga terhambat karena untuk memperbaiki ruas ini diperlukan dana yang cukup besar. Kita tak punya dana standby setiap saat. Sementara, tahulah APBD ini kapan mulai berjalankan,” katanya.

Horong mengungkapkan, tahun ini sebenarnya dianggarkan Rp 3,5 miliar melalui DAK 2018 untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Anggaran ini sejatinya juga tak cukup untuk memuluskan jalan yang rusak berat hingga ke arah Semadin. Sehingga nantinya hanya  diperbaiki para ruas yang mengalami kerusakan parah.

“Tapi itukan juga perlu proses lelang. Sementara sekarang APBD juga belum berjalan. Juknis DAK juga tak bisa semau kita. Maunya sih kita timbun dengan laterit tinggal dikeraskan. Tapi aturan DAK tak bisa pakai seperti itu. Harus beton. Makanya nanti ada ruas yang dibeton,” katanya.

Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Amri Kalam yang juga merupakan putra daerah setempat berharap wacana alternatif dari Pemkab bisa segera direalisasikan. Mengingat akses utama di ruas Semadin-Tahlud sudah rusak parah.

“Untuk ini mari kira sama-sama saling mendukung dan tidak menyalahkan siapa-siapa. Langkah apapun yang diambil pemerintah kita harapkan untuk kebaikan kita bersama,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *