BPBD Bentuk Satgas Karhutla

oleh
Sosialisasi dan rapat koordinasi penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Melawi tahun 2017

MELAWINEWS.COM,MELAWI-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi melaksanakan sosialisasi dan rapat koordinasi penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Melawi tahun 2017, dilaksanakan di salah satu hotel Kota Nanga Pinoh, Selasa (30/5).

Gelar sosialisasi yang dibuka Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya UY tersebut dihadiri peserta sosialisasi terdiri dari camat, pimpinan SKPD, Polisi dan Danramil di lingkungan Pemkab Melawi, serta pemateri sosialisasi dilakoni Polisi, LO Dandim dan pihak instansi terkait.

Kegiatan Kepala BPBD Melawi, Syafarudin, menjelaskan kegiatan sosialisasi penanganan bencana asap akibat Karhutla ini merupakan program dari BPBD Melawi. “Kegiatan ini, sebagai wujud peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya penanganan Karhutla,” ujar Syafarudin.

Menurut dia, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang upaya dan antisipasi dini dalam menghadapi berbagai macam bencana alam yang terjadi terutama akibat Karhutla.

Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya UY menegaskan, bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana bertujuan untuk menjamin terselenggaranya pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman resiko dan dampak bencana.

Pada kesempatan itu Dadi menyampaikan kepada BPD Melawi agar terus meningkatkan kesiagaan dalam penanggulangan bencana baik dalam tahap pra bencana, saat tanggap darurat maupun pasca bencana.
“Pada kegiatan ini akan ditentukan status siaga darurat penanganan bencana asap akibat Karhutla serta dibentuk satuan tugas (Satgas) Karhutla di Melawi,” jelasnya. (Sirait)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *