Rawan Longsor Kades Tekelak Larang Warga Bangun Rumah di Tepi Sungai

oleh

MELAWINEWS.COM,MELAWI-Sejumlah rumah penduduk yang berada di bibir sungai desa Tekelak kecamatan Pinoh Utara terancam roboh, pasalnya sebagian tanahnya mulai longsor akibat tegerus air, mengingat curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Kades Tekelak Tamby Mas Taufik memantau langsung kondisi rumah warga yang tanahnya mulai longsor pada siang tadi. Kata dia setidaknya ada dua unit rumah penduduk yang tanahnya mulai tergerus dan terkena longsor.

“Emang hujan punya pengaruh juga untuk membuat longsor di pinggiran sungai yang sudah bertebing. Tapi menurut saya yang punya pengaruh besar juga adalah pembuangan air cucian,baik cucian piring bekas makan mau pun cucian pakaian. Karena ada mengandung garam dan zat kimia lainnya yang bisa merusak tanahnya” kata Kades Tekelak Tamby Mas Taufik

“Sebagai aparat desa sekarang kami telah melarang warga untuk mendirikan atau membangun rumah di tepi sungai karena sangat rawan,” kata Tamby kepada melawinews.com Jumat (10/3).

Kata Tamby larangan tersebut tentu saja bertujuan baik bagi warga, sebab rumah yang dibangun di tepi sungai rawan longsor dan membahayakan penghuninya jika sewaktu-waktu terjadi longsor.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan dinas sosial berkaitan dengan kondisi rumah penduduk yang terancam longsor, namun untuk saat ini belum kita relokasi karena warga belum bersedia pindah ini yang menjadi kendala kami” kata Tamby. (a82)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *