11 Kecamatan Akan Segera Miliki Puskesmas 24 Jam

oleh
kepala dinas kesehatan Melawi Ahmad Jawahir
kepala dinas kesehatan Melawi Ahmad Jawahir

MELAWINEWS.COM,MELAWI-Seluruh kecamatan di kabupaten Melawi akan berdiri puskesmas yang melayani masyarakat selama 24 jam. Pembangunan untuk 11 puskesmas tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 74 miliar.

“Saat ini pembangunannya sudah berlangsung, Desember nanti harus sudah selesai, dan setelah itu bisa segera difungsikan” kata kepala dinas kesehatan Melawi dr Ahmad Jawahir Selasa (20/9).

Dia menjelaskan, puskemas tersebut nantinya akan dilengkapi dengan bad atau tempat tidur yang standar, ambulan, serta genset yang siap untuk dinyalakan kapan saja. Tidak hanya itu rencananya beberapa kecamatan juga akan dilengkapi dengan spead.

“Tempat tidur yang nyaman ini diharapkan agar masyarakat bisa betah saat berobat ke puskesmas, sedangkan spead ini memang sudah menjadi kebutuhan terutama daerah yang akses jalan daratnya masih sulit,” kata Jawahir.

Jawahir menjelaskan, beberapa puskesmas nantinya ada yang dibangun di tempat lama namun sebagian lagi ada yang dibangun di tempat baru disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi geografis sehingga bisa memudahkan masyarakat yang akan berobat.

Untuk menunjang pelayanan kesehatan di 11 puskesmas nantinya, Jawahir sangat berharap dukungannya dari masyarakat dan semua pihak. Sehingga rencana yang diharapkan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

“Untuk SDM atau kebutuhan dokter kita juga sangat berharap nantinya ada skala prioritas dalam penerimaan CPNS tenaga kesehatan, sebab sampai saat ini tenaga kesehatan yang kita miliki masih sangat kurang, karena memang kebutuhan SDM ini juga menjadi pendukung utama baiknya pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Jawahir berharap dengan adanya puskesmas yang melayani rawat inap 24 jam ini, program pemerintah dalam upaya menyehatkan masyarakat bisa terwujud, sebab tanpa adanya perubahan yang positif keinginan itu akan sulit terwujud. (a82)