Tugu Juang Nanga Pinoh Kini Dilengkapi Traffic Light

oleh
Traffic Light yang baru dipasang di persimpangan Tugu Juang
Traffic Light yang baru dipasang di persimpangan Tugu Juang

MELAWINEWS, Melawi – Satu unit traffic light (lampu lalu lintas) siap dioperasikan di persimpangan Tugu Juang Kota Nanga Pinoh. Traffic light ini dipasang untuk mengatur arus lalu lintas yang kerap kali semrawut dan macet di persimpangan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Melawi, Effi Sutiono menerangkan, traffic light tersebut bersumber dari dana DAK tahun 2016 dengan total anggaran Rp 390 juta.

“Kita pasang di Tugu Juang agar lalu lintasnya tidak semrawut. Karena kendaraan yang melintas di persimpangan tersebut cukup tinggi dan juga kerap terjadi kemacetan,” katanya.

Simpang Tugu Juang sendiri memang mempertemukan ruas jalan Juang, jalan Cempaka, serta Jalan Markasan yang menuju arah pasar tradisional di Nanga Pinoh. Saat ini, pembangunan traffic light masih dilakukan dengan memasang lampu lalu lintas di setiap sudut persimpangan.

Traffic light kan agar pengendara bisa teratur dan tidak berebutan untuk melintasi jalan, maka kita harap kepada pengendara pengguna jalan untuk mematuhi lampu pengatur lalu lintas tersebut, sehingga tidak terjadi lakalantas,” tambah Effi.

Dirinya pun berharap, traffic light ini memiliki manfaat yang sangat positif dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengendara maupun pejalan kaki saat melalui persimpangan tersebut.

“Karena kerap kali dipersimpangan ini juga terjadi kecelakaan karena pengguna jalan yang kurang berhati-hati,” terangnya.

Terpisah, seorang pengguna jalan, Junaidi merespon positif keberadaan traffic light di persimpangan Tugu Juang. Menurutnya, kesemrawutan pada ruas tersebut memang kerap kali menyebabkan kemacetan.

“Kita setuju ada traffic light di persimpangan ini. Karena memang kadang, banyak kendaraan yang juga berjalan melawan arah. Ini sangat berbahaya. Belum lagi kendaraan yang keluar dari wilayah pasar dan pertokoan yang kadang menyeberang tanpa melihat ke kanan  atau kiri,” katanya.